Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Dian Sastro soal Kebiasaan Keramas Setiap Malam

Kompas.com - 16/05/2023, 23:56 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dian Sastrowardoyo dikenal sebagai salah satu aktris Indonesia yang memiliki visual rambut yang cantik dan terawat.

Tapi ternyata, perempuan berusia 41 tahun itu pernah merasa insecure dan tidak percaya diri karena sempat mengalami masalah rambut rontok.

Terutama saat dirinya membintangi film Kartini pada tahun 2017 lalu.

Demi perannya sebagai Kartini, Dian merasakan sendiri bagaimana kondisi rambutnya itu mengalami kerontokan yang mengganggu.

"Di film Kartini saya sempat merasa insecure dengan rambut rontok karena saya merasakan sendiri bagaimana syuting dengan rambut disasak, pakai hairspray dan konde setiap hari," kata Dian Sastro di konferensi pers Dove, Gandaria City, Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Baca juga: Inspirasi Dewi Api, Penampilan Dian Sastro Menyala di Premier Sri Asih 

Agenda syuting yang padat itu pun membuatnya harus lebih sering membersihkan rambut atau keramas setiap malam.

Namun karena kesalahan yang dilakukannya saat keramas, kebiasaan itu menjadi salah satu penyebab rambutnya mengalami kerontokan.

"Setiap hari rambut harus bersih lagi kan sebelum di-styling, jadi setiap malam saya harus keramas."

"Tapi karena waktu keramas di malam hari saya takut sakit, jadinya cukup sering keramas itu pakai air hangat. Nah, ternyata inilah yang bikin rambut saya rontok," papar Dian.

Sejak menyadari bahwa kebiasaan menata rambut dan cara keramas yang dilakukannya ternyata salah, Dian pun memperbaiki kesalahannya itu untuk mencegah rambut rontok di kemudian hari.

"Semenjak tahu kalau itu salah, sekarang saya lebih sering keramas pakai air dingin atau suhu ruang dan lebih disiplin untuk merawat rambut saya dengan pilihan sampo, kondisioner atau hair tonic sambil memijat kulit kepala sebentar setelah menggunakan produk itu," kata Dian Sastro.

Masalah kerontokan rambut yang dialami Dian Sastro sebenarnya tergolong umum terjadi dan dialami banyak orang.

Baca juga: Rambut Rontok? Cegah dengan Makanan ini 

Dian Sastro di konferensi pers Dove, Gandaria City, Jakarta, Selasa (16/5/2023). KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Dian Sastro di konferensi pers Dove, Gandaria City, Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Menurut Hair & Skin Expert, dr. Kamilah Jaidi, Dipl. AAAM, MARS., penataan rambut berlebihan dan paparan suhu panas memang dapat memicu kondisi rambut jadi mudah rontok.

"Analoginya kalau akar rambut sering kena exposure panas di kepala atau melalui alat styling rambut, pori-pori di kulit kepala bisa mengecil,"

"Kondisi ini lantas bisa membuat aliran darah tidak lancar sehingga nutrisi yang diserap rambut pun berkurang, akhirnya rambut jadi rapuh dan mudah rontok," ujar dokter Kamilah di kesempatan yang sama.

Dalam mencegah masalah rambut rontok, lanjut dokter Kamilah, salah satu kuncinya adalah perawatan yang biasa kita lakukan di rumah.

Sebab, menurut survei dari jurnal Hair Fail and Breakage - The root of the problem, sekitar 80 persen masalah rambut rontok yang dialami wanita disebabkan adanya masalah pada akar rambut dan bukan dari rambut yang patah. 

Sehingga mengurangi paparan panas berlebihan hingga cara menata rambut yang benar dalam keseharian perlu diperhatikan lagi untuk mencegah masalah yang satu ini.

Baca juga: Ini Kesalahan yang Bisa Bikin Perempuan Berhijab Alami Rambut Rontok

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com