Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Tips Merelaksasi Pikiran Stres dengan Cepat

Kompas.com - 19/05/2023, 08:38 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stres adalah salah satu bagian paling alami dari menjadi manusia dan respons stres bertujuan untuk membuat kita tetap hidup.

"Ratusan tahun yang lalu ketika kita menghadapi ancaman, kita lebih mampu bertahan hidup jika kita dapat mengaktifkan respons stres."

Demikian penuturan seorang psikolog dari NewYork-Presbyterian/Columbia University Irving Medical Center, Erin K. Engle, PhD.

"Peningkatan tekanan darah dan detak jantung, serta melambatnya proses pencernaan juga berarti lebih banyak energi yang dapat digunakan untuk melarikan diri dan bertahan hidup," jelas dia.

Saat ini, fungsi biologis tersebut masih tetap sama, namun sifat ancamannya sangat berbeda.

Menurut penelitian tahun 2022 yang diterbitkan dalam Yale Journal of Biology and Medicine, segudang tantangan yang mendorong orang melampaui batas kemampuannya telah mengubah stres menjadi krisis kesehatan masyarakat terbesar abad ini.

Tetapi, penelitian juga menunjukkan bahwa ketika kita belajar untuk merelaksasi pikiran, maka kita bisa mendapatkan kendali atas respons otomatis untuk menghadapi atau melarikan diri, sehingga kita bisa menjadikan stres sebagai sesuatu yang memberdayakan kita untuk menghadapinya.

Baca juga: Bebas Stres dan Umur Panjang, 3 Alasan Punya Hobi Itu Penting

Bagaimana pikiran yang stres mempengaruhi kesehatan

Engle mengatakan, pada tingkat yang dapat dikelola, stres bisa menjadi hal yang baik.

Stres juga dapat menantang motivasi, efisiensi, dan kreativitas.

Kendati demikian, stres yang terus menerus dan tak kunjung reda dapat menjadi penyebab utama kematian dini, seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke, diabetes tipe 2, dan sistem kekebalan tubuh yang tidak berfungsi dengan baik.

Stres kronis bahkan berdampak pada sistem kita secara emosional, kognitif, dan juga perilaku.

Kemudian, stres jangka panjang bisa berkontribusi pada perasaan negatif, seperti putus asa, kehilangan kendali, tidak tertarik, merasa bersalah, marah, sulit tidur, sulit mengambil keputusan, sulit berkonsentrasi, serta perubahan nafsu makan dan dorongan seksual.

"Inilah sebabnya mengapa seiring berjalannya waktu, stres dikaitkan dengan kelelahan dan berbagai gangguan kejiwaan, termasuk kecemasan dan depresi," terang seorang psikiater dan salah satu pendiri SOHOMD, Jacques Jospitre, Jr, MD.

Baca juga: 10 Masalah yang Timbul akibat Sering Stres

Tips merelaksasi pikiran stres dengan cepat

Menurut Engle, pada tahun 1960-an, seorang dokter di Harvard University bernama Herbert Benson menemukan bahwa respons relaksasi tubuh merupakan jalan untuk mengurangi stres.

Ini sebenarnya mengubah reaksi fisik dan emosional tubuh terhadap efeknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com