Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budaya Lampung, Tema Utama Ajang Puteri Indonesia 2023

Kompas.com - 19/05/2023, 21:38 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malam final pemilihan Puteri Indonesia 2023 digelar pada hari ini, Jumat (19/5/2023).

Bertempat di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, 45 finalis dari 34 provinsi di Indonesia bakal menunjukkan penampilan terbaiknya untuk bisa meraih gelar Puteri Indonesia 2023.

Putri Kus Wisnu Wardani, sebagai Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia (YPI) mengatakan, kontes kecantikan yang sudah digelar 26 kali itu diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan terhadap Tanah Air, budaya dan keindahan alam tanah air, khususnya di bidang pariwisata.

"Kami mencari sosok perempuan muda yang mampu merepresentasikan Indonesia dengan kecantikannya, pikiran atau mindset yang menunjukkan bahwa mereka adalah perempuan cerdas, mandiri dan memiliki tata krama yang terkenal dengan keramah-tamahannya."

Demikian papar Putri dalam konferensi persnya di JCC, Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Khususnya di penyelenggaraan tahun ini, budaya dari Provinsi Lampung ditampilkan sebagai tema utama.

Di samping itu, ketiga ratu kecantikan dunia yang hadir di malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2023 juga akan berkunjung ke Lampung untuk diperkenalkan budaya, keragaman wisata dan potensi lain yang dimiliki Provinsi Lampung.

"Ketiga ratu dunia ini juga akan mengunjungi provinsi Lampung, yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia."

"Mereka akan berkesempatan mengeksplorasi keindahan alam, budaya, dan tradisi Lampung yang unik. Kami berharap kunjungan mereka ke tempat pariwisata Indonesia dan provinsi Lampung akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka," ujar Putri.

Lebih lanjut, Putri juga berharap bahwa kontes kecantikan berbasis budaya ini juga dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap Tanah Air, kekayaan budaya dan keindahan alam, khususnya di bidang pariwisata.

Baca juga: Pemilihan Puteri Indonesia 2023 Datangkan Tiga Ratu Kecantikan Dunia 

Busana khas Lampung ditampilkan para finalis dan ratu kecantikan dunia

Finalis Puteri Indonesia 2023Instagram / @my.pageants Finalis Puteri Indonesia 2023

Bobby Irawan sebagai Kabid Perencanaan Perekonomian Bappeda Provinsi Lampung pun menyambut positif dan bangga bahwa Lampung bisa menjadi tema besar di perhelatan Puteri Indonesia 2023.

Dia menuturkan, Pemerintah Provinsi Lampung menyadari pentingnya memperkuat peran perempuan Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang kecantikan dan keterampilan.

Dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk Pemilihan Puteri Indonesia 2023 adalah cermin dari komitmen mereka dalam mendorong pengembangan potensi perempuan Indonesia.

"Kami memiliki keragaman budaya mulai dari wisata alam, eco tourism dan kaya akan budaya. Itu adalah bagian kekayaan dari Indonesia," kata Bobby.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com