Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2023, 09:14 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - 20 Mei 1873 dianggap hari bersejarah dan disebut sebagai tanggal kelahiran celana jeans, setidaknya oleh brand Levi's.

Pada hari itu, Levi Strauss, pebisnis dari San Fransisco dan Jacob Davis, penjahit dari Nevada, mendapatkan paten untuk membuat celana kerja pria yang diperkuat dengan paku keling untuk pertama kalinya.

Levi Strauss adalah seorang pedagang barang kelahiran Bavaria yang datang ke San Frasisco pada 1853 dan membuka cabang Pantai Barat dari bisnis grosir barang dari saudaranya di New York.

Selama 20 tahun, ia membangun bisnisnya hingga sukses, membuat namanya menjadi pengusaha yang dihormati.

Jacob Davis sendiri adalah seorang penjahit yang sebelumnya merupakan salah satu pelanggan Levi.

Asal mula Denim

Jeans Levi's 501levi's Jeans Levi's 501
Dikutip dari Historyofjeans, jeans terbuat dari bahan yang disebut denim. Nama "denim" berasal dari nama kain yang disebut "Serge de Nimes" yang dibuat di Nimes, Prancis.

Para penenun Nimes awalnya mencoba mereproduksi kain corduroy yang terkenal dari kota Genoa Italia, tetapi tidak berhasil. Berkali-kali percobaan dan gagal, akhirnya mereka mengembangkan kain lain yang dikenal sebagai denim.

Kain yang tahan lama yang menjadi bahan cikal bakal jeans itu diberi warna biru, hal ini karena Indigo menjadi warna yang khas dipakai untuk mewarnai denim. Ciri pewarna ini adalah warna biru yang khas dan organik.

Lantas, bagaimana sejarah terciptanya celana jeans? Dikutip dari Levistrauss, asal mula tercipta celana jeans adalah ketika istri seorang buruh lokal meminta Jacob Davis membuatkan celana untuk suaminya yang tidak mudah copot.

Jacob pun berpikir bagaimana cara memperkuat celana kerja pria tersebut. Dia muncul dengan ide memasang paku keling logam pada titik-titik ketegangan celana, seperti di sudut saku dan pangkal kancing.

Ternyata, idenya berhasil dan celana dengan paku keling ini jadi hit.

Baca juga: Sejarah Panjang 501 dan Para Pesohor yang Jadi Ikon Levis...

 

Peringatan 150 Tahun Jeans Ikonik Levi's 501 di Grand Indonesia, Jakarta Peringatan 150 Tahun Jeans Ikonik Levi's 501 di Grand Indonesia, Jakarta
Setelahnya, Jacob memutuskan untuk mematenkan proses pembuatan celana jeans tersebut, tetapi masih bimbang siapa mitra bisnis yang akan digandeng untuk menjalankan proyek tersebut.

Dia pun memikirkan Levi Strauss, tempat ia membeli kain untuk membuat celana dengan paku keling logam tersebut. Davis kemudian menulis surat kepada Levi dan menyarankan agar mereka dapat memegang paten itu bersama-sama.

Dikutip dari History.com, surat tersebut berisi tentang metode Jacob membuat celana kerja dengan paku keling logam tersebut demi membuatnya lebih kuat.

Saat itu, Davis tidak memiliki cukup uang untuk mempersiapkan dokumen paten yang diperlukan. Lalu, ia meminta Strauss menyediakan dana dan memegang paten itu bersama. Levi melihat potensi dari produk baru ini dan menyetujui proposal dari Jacob.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com