Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raline Shah Pakai Kebaya dan Batik Palembang di Cannes Film Festival 2023

Kompas.com - Diperbarui 23/05/2023, 15:15 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

 

KOMPAS.com - Raline Shah menghadirkan kecantikan perempuan Indonesia lewat penampilannya di Cannes Film Festival 2023.

Ia hadir dalam mengenakan kebaya berwarna biru karya Cacal Baker dan Diaz Patria, desainer Maison Baaz Couture, lini fashion couture yang berbasis di Jakarta.

Dalam premier film Firebrand itu, busananya dipadukan dengan kain batik palembang yang merupakan koleksi pribadi milik ibunya.

“Saya ingin memperkenalkan kecantikan kebaya Indonesia di Cannes Film Festival melalui tangan para desainer muda berbakat, Cacal Baker dan Diaz Patria untuk Maison Baaz Couture.” ujar Raline, dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Sementara itu, lehernya dihiasi kalung mewah bermata safir biru yang merupakan koleksi jenama Swiss, Chopard.

Baca juga: Simak, Tutorial Make Up ala Raline Shah di Festival Film Cannes 2022

Keanggunannya semakin menonjol dengan rambut disanggul sederhana dan make up bergaya nude.

Gayanya jelas mencuri perhatian publik dan terbilang unik dibandingkan para undangan lain di festival film kelas dunia itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Raline Shah (@ralineshah)

Berdasarkan unggahan di Instagram, diketahui jika penampilan Raline di acara tahunan Perancis ini merupakan ide pribadi aktris tersebut.

Sejak awal, perempuan berusia 38 tahun itu memang ingin mengenakan kebaya guna memperkenalkan budaya Indonesia melalui fesyen ke mata dunia.

Baca juga: 5 Fakta Penting Kebaya, Perempuan Indonesia Perlu Tahu

Niatan ini lalu diterjemahan menjadi sebuah kebaya yang terinspirasi dari karakter pewayangan Jawa tradisional bernama Dewi Citrawati.

"Inspired by Ms. Raline's beauty, we were reminded of one of the traditional Javanese shadow play (Wayang) characters "Citrawati""," demikian dikutip dari Instagram story MAISON BAAZ COUTURE.

Dewi Citrawati dikenal sebagai karakter perempuan yang loyal, sabar, pantang menyerah, lemah lembut dan kecantikannya membuatnya didambakan oleh para raja.

Warna midnight blue sengaja dipilih karena dipercaya melambangkan kepercayaan dan loyalitas, selain juga amat cocok dengan warna kulit Raline.

Baca juga: Cara Mudah Memilih Warna Pakaian yang Sesuai dengan Rona Kulit

Pada bagian ekor kebaya sengaja dibentuk serupa Gunungan Wayang yang kerucut dan mencuat ke atas sebagai simbol kehidupan manusia.

"The higher the knowledge and the older age, the more conical (Golog Gilig) manunggaling Jiwa, Rasa, Cipta, Karsa dan Karya in our lives, the close to our Creator," dalam unggahan Instagram story yang sama.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chopard Official (@chopard)

Raline Shah menghadiri Cannes Film Festival 2023 untuk memenuhi undangan Chopard maupun Bulgari, brand perhiasan global yang menjadi sponsor acara ini.

“Merupakan kebanggaan bagi saya untuk memenuhi undangan sekaligus mewakili kedua brand yang sangat saya kagumi ini di ajang festival yang saya nantikan setiap tahunnya," terangnya.

Pada hari sebelumnya, aktris berdarah Medan ini juga menghadiri premier film Killers of The Flower Moon dengan gaun mewah, juga, berwarna biru.

Baca juga: Ini Alasan Raline Shah Rutin Hadiri Cannes Film Festival

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com