Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sheba Ajak Masyarakat Restorasi Keindahan Terumbu Karang

Kompas.com - 23/05/2023, 12:14 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sheba, merek makanan hewan peliharaan bagian dari Mars, Incorporated mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam merestorasi terumbu karang.

Melalui Sheba Hope Advocate Program, lima advokat terpilih dari seluruh dunia berkesempatan untuk bekerja sama dengan tim restorasi terumbu karang di Makassar, Indonesia.

Dari wilayah Asia Tenggara, tim Sheba akan memilih satu advokat untuk menjadi perwakilan.

Selain lima advokat global, Sheba Hope Advocate Program juga diikuti dua ilmuwan perempuan asal Indonesia, yaitu Rindah Talitha Vida dan Gita Alisa.

Keduanya akan melakukan penelitian tentang restorasi terumbu karang di Makassar sebagai bagian dari tim peneliti internasional.

"Para ilmuwan memperkirakan jika kita tidak bertindak, 90 persen terumbu karang tropis di dunia akan lenyap pada 2043," ujar Profesor David Smith, kepala ilmuwan kelautan di Mars, Incorporated dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

"Hal itu akan menjadi prospek yang sangat buruk, tidak hanya bagi ekosistem terumbu karang, melainkan juga bagi miliaran orang yang bergantung pada terumbu karang sebagai sumber makanan, sumber pendapatan, dan perlindungan."

"Upaya Hope Reef dari kami untuk memulihkan dan meregenerasi ekosistem yang berharga dari seluruh dunia menunjukkan hasil yang menggembirakan dan berdampak positif bagi masyarakat setempat," sambungnya.

Sheba mengawali gerakan restorasi terumbu karang global pada saat meresmikan proyek Hope Reef pada 2021.

Hope Reef 1 Hope Reef 1

Hope Reef adalah proyek restorasi terumbu karang pertama Sheba di Makassar, Sulawesi Selatan --bagian dari kampanye global Sheba Hope Grows-- untuk mengembalikan keindahan lautan.

Sheba Hope Advocate Program menjadi kelanjutan dari upaya restorasi terumbu karang di Indonesia dan menandai fase selanjutnya dari program restorasi terumbu karang terbesar di dunia.

Dua tahun sejak restorasi Hope Reef dimulai, pertumbuhan terumbu karang diklaim mengalami peningkatan menjadi lebih dari 70 persen, serta populasi ikan yang meningkat hingga 300 persen.

Berhasil memulihkan 80.000 meter persegi terumbu karang di seluruh dunia, program ini memanfaatkan struktur reef stars yang dibuat oleh tangan warga setempat menggunakan bahan yang tersedia secara lokal.

Struktur reef stars itu kemudian dirangkai di bawah air dan membentuk bagian inti dari Mars Assisted Reef Restoration System.

"Saya senang tahun ini kami dapat membawa Sheba Hope Advocate Program ke Indonesia," jelas Philippa Mansell, Indonesia Program Lead Sheba.

"Saya dan tim menanti kedatangan Anda semua di Indonesia untuk menjadi bagian dari keajaiban ini."

Bagi yang memiliki pengalaman snorkeling, berminat terhadap restorasi laut dan saat ini tinggal di Indonesia, Malaysia, Filipina, atau Singapura, bisa mengikuti Sheba Hope Advocate Program.

Pendaftaran program tersebut dibuka hingga 2 Juni 2023 di situs resmi Sheba Hope Grows.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com