Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinta Laura dan Putri Marino Bawa Budaya Indonesia ke Cannes Film Festival 2023

Kompas.com - 23/05/2023, 17:42 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Festival Film Cannes 2023 kembali digelar di Cannes, Perancis.

Dalam acara yang bergengsi ini, sejumlah artis ternama pun hadir untuk mendukung karya-karya insan perfilman dari seluruh dunia.

Tak mau terlewatkan momen, ikon perfilman Indonesia, Cinta Laura dan Putri Marino, juga turut memeriahkan red carpet Festival Film Cannes pada tanggal 26-27 Mei 2023.

Mereka hadir bersama dengan official partner Loreal Paris. Ya, setelah 10 tahun, Loreal Paris akhirnya kembali mengirimkan perwakilannya dari Indonesia untuk merayakan inklusivitas dan keberagaman perempuan.

Langkah ini sekaligus menjadi usaha untuk mendorong lebih banyak representasi perempuan di industri film secara global.

Baca juga: Raline Shah Pakai Kebaya dan Batik Palembang di Cannes Film Festival 2023

Mengingat, secara historis, industri film global memiliki para sineas perempuan yang perannya masih kurang terwakili baik di depan maupun di belakang layar.

Bahkan data mencataat, hanya 17 persen perempuan yang menyutradarai film terlaris dan hanya 25 persen perempuan yang memegang peran penting di belakang layar.

Dalam skala lokal, lanskap perfilman Indonesia tampak setara gender, namun statistik menunjukkan, jumlah pembuat film perempuan Indonesia dan karya mereka tidak sebanyak dengan pembuat film laki-laki dan filmnya.

"Setelah 10 tahun, tahun ini dengan bangga kita akan melihat kembali perwakilan Indonesia di red carpet Festival Film Cannes."

Demikian penuturan Brand Business Leader of Haircare and Make up Loreal Paris, Deddy Lukmanda, dalam acara konferensi pers yang berlangsung di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (22/5/2023).

"Hal ini tentunya sejalan dengan komitmen Loreal Paris dalam mendorong inklusivitas dan menginspirasi perempuan untuk berkarya di industri, salah satunya film."

Baca juga: Gaya Klasik Jennie Blackpink di Cannes Film Festival 2023

"Itulah mengapa tahun ini, Loreal Paris mengirimkan bukan hanya satu, tetapi dua ikon film Indonesia."

"Yaitu Brand spokesperson kami Cinta Laura Kiehl dan Loreal Paris worth it squad, Putri Marino, untuk bergabung di panggung global bersama dengan perwakilan Loreal Paris lainnya di Cannes," ungkap Deddy.

Mengangkat tema budaya Indonesia

Lalu, demi memastikan Cinta Laura Kiehl dan Putri Marino siap tampil di red carpet Festival Film Cannes 2023, Loreal Paris berkolaborasi dengan para talenta di bidang fesyen dan kecantikan terbaik Indonesia.

Baca juga: Ini Alasan Raline Shah Rutin Hadiri Cannes Film Festival

Ikon perfilman Indonesia, Cinta Laura dan Putri Marino, juga turut memeriahkan red carpet Festival Film Cannes 2023 bersama dengan Loreal Paris.Loreal Ikon perfilman Indonesia, Cinta Laura dan Putri Marino, juga turut memeriahkan red carpet Festival Film Cannes 2023 bersama dengan Loreal Paris.
Ada pun kerjasama ini melibatkan beberapa nama besar yang sudah tidak asing di bidangnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com