Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aice Group Cetak Rekor MURI Bagikan Masker Medis Terbanyak saat Pandemi

Kompas.com - 23/05/2023, 21:32 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen es krim Aice Group bersama dengan koalisi berbagai elemen pemerintah pusat dan daerah dan organisasi non pemerintah, mencetak rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam "Pembagian Masker Sekali Pakai Terbanyak selama Pandemi Covid-19".

Dalam pemecahan rekor itu, tak kurang 67 juta masker medis telah diproduksi dan dibagikan terbanyak ke berbagai kalangan tenaga kesehatan dan masyarakat umum paling rentan tertular pandemi Covid-19 di tahun 2020 hingga 2022. 

Chief Brand Officer Aice Group Jason Liu, mengatakan bahwa latar belakang di balik gerakan pembagian masker medis ini didasari oleh kebutuhan masker pada saat pandemi Covid-19 telah menjadi barang langka.

Kalaupun ada pasti harganya sangat tinggi di lapangan, sehingga kondisi itu membuat masyarakat mengalami kesulitan untuk memiliki masker untuk mencegah penularan Covid-19.

"Inisiatif ini didasari oleh kondisi masker yang saat itu sangat sulit didapatkan. Kami pada akhirnya memikirkan bagaimana untuk memberikan kontribusi ke masyarakat,"

Demikian kata Jason Liu dalam konferensi persnya di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Masker medis yang diproduksi sendiri itupun dibagikan secara gratis ke masyarakat yang paling membutuhkan secara kolektif.

Kampanye distribusi sendiri dijalankan secara gotong royong dan melibatkan banyak pihak yang bersentuhan dengan target penerima yang tepat.

Baca juga: Aice Luncurkan Es Krim Buah Rendah Gula dan Lemak Pertama di Indonesia 

Aice Group bersama dengan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan Kantor Staf Presiden (KSP) menjalin kerja sama distribusi di puluhan lembaga pemerintahan di tingkat pusat dan daerah di 20 kota dan kabupaten di Indonesia.

Koalisi juga berisikan banyak organisasi berbagai agama, lembaga pendidikan hingga lembaga perempuan. Ketepatan sasaran dan daya jangkau luas menjadi pertimbangan Aice dalam membangun kerja sama masif tersebut.

Penyaluran donasi masker sekali pakai ini pun dilakukan secara bertahap yang dimulai dari hulu ke hilir.

Seperti para relawan Covid-19 Aice yang terdiri dari pemilik warung UMKM, karyawan serta distributor juga turut terlibat.

"Strategi pembagian masker ini juga melibatkan pemilik warung dan karyawan kita dalam 3 tahun ini,"

"Total sekitar ada 500.000 warung yang berpartisipasi dan karyawan kami juga sudah mencakup 3.000 orang relawan," lanjut Jason.

Program pembagian masker ini menyasar petugas medis, petugas sampah, penggali kubur, pedagang pasar, institusi keagamaan, sekolah, kampus, hingga profesi rentan seperti ojek online.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com