Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yoga 3 Kali Seminggu Bisa Turunkan Stres dan Tingkatkan Memori

Kompas.com - 25/05/2023, 15:34 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Latihan yoga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, baik itu fisik maupun mental.

Kita juga bisa memanfaatkan yoga sebagai cara untuk mengurangi stres dan kecemasan, serta menjaga ingatan tetap tajam setelah (atau selama) hari kerja yang sibuk dan melelahkan.

Hal ini disebabkan karena yoga menggabungkan gerakan, olah napas, dan mindfulness, yang menjadikannya salah satu cara terapeutik paling efektif untuk berolahraga sekaligus menghilangkan stres.

Sebuah penelitian terbaru pada tahun 2023 di Journal of Behavioral Medicine bahkan telah menemukan lebih banyak bukti tentang manfaat yoga untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kemampuan otak.

Menurut penelitian tersebut, berlatih yoga dengan intensitas sedang beberapa kali per minggu di rumah mampu membantu mengurangi gejala stres dan meningkatkan daya ingat jangka pendek pada para profesional yang mengalami stres.

Baca juga: 7 Jenis Yoga Populer dan Ragam Manfaatnya bagi Tubuh

Dalam uji coba kecil, namun cukup jitu, para peneliti dari Beckman Institute for Advanced Science and Technology di University of Illinois Urbana-Champaign mengevaluasi 86 orang dewasa yang bekerja penuh waktu dan semuanya mengalami gejala stres.

Para peserta pun ikut berpartisipasi dalam program yoga jarak jauh dengan intensitas sedang selama delapan minggu.

Di akhir penelitian, mereka yang berlatih yoga intensitas sedang selama 50 menit, tiga kali seminggu, selama delapan minggu di rumah, memiliki stres dan kecemasan yang jauh lebih rendah.

Mereka juga terbukti memiliki akurasi yang lebih tinggi pada tugas memori kerja dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Baca juga: 5 Alasan Olahraga Yoga Baik untuk Penderita Panic Attack

Manfaat yoga sama dengan latihan aerobik

Ilustrasi pose yogaShutterstock/fizkes Ilustrasi pose yoga
Salah satu penulis studi ini yang merupakan profesor di departemen kinesiologi dan kesehatan masyarakat di U of I Urbana-Champaign, Sean Mullen, PhD, menjelaskan temuannya.

Menurut Mullen, penelitian ini selaras dengan pemahaman yang sudah lama ada bahwa latihan aerobik secara umum bermanfaat bagi kesehatan otak dan kesehatan mental, yang bertindak sebagai obat pelengkap yang ampuh untuk mengatasi stres, kecemasan, dan depresi.

Namun lebih dari itu, yoga dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak hanya memberikan latihan aerobik yang sangat baik.

Tetapi, ini juga lapisan tambahan latihan mental karena membutuhkan gerakan dinamis, multi-planar, kesadaran spasial dan internal, serta elemen-elemen lain yang menuntut kognitif.

"Ada beberapa literatur yang secara langsung membandingkan yoga dengan latihan aerobik dan kami sudah mengetahui sejak lama bahwa latihan aerobik memiliki manfaat bagi otak," katanya.

"Penelitian kami menyelidiki gerakan-gerakan yang kompleks, bukan hanya mengendarai sepeda atau berjalan dalam garis lurus."

"Tetapi gerakan multi-planar yang membutuhkan navigasi ruang yang sedikit berbeda dan sadar akan gerakan, teknik, dan pernapasan," ungkap dia.

Baca juga: Jalan Kaki hingga Yoga, 6 Jenis Olahraga Paling Efektif Redakan Stres

Latihan yoga mungkin terlihat menakutkan bagi mereka yang belum tahu, tapi kita tidak perlu menguasai posisi rumit untuk melakukannya dan mendapatkan manfaatnya yang menyehatkan.

Ini adalah sesuatu yang dapat kita lakukan dari kenyamanan rumah sendiri dan yang kita perlukan hanyalah matras yoga, serta akses internet jika kita melakukannya secara virtual.

Para pemula yoga dapat memulai dengan mencari kelas yoga gratis secara online untuk mempelajari dasar-dasarnya, seperti mencoba beberapa peregangan yoga yang mudah dan menenangkan setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com