Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaya Serat dan Folat, Ini 5 Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Kompas.com - 26/05/2023, 08:37 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, seledri mungkin hanya dikenal sebagai taburan atau pelengkap untuk berbagai hidangan seperti sup, bakso, atau soto.

Tetapi, faktanya, sayuran ringan dan sederhana ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman Real Simple, para ahli pun menjelaskan kandungan nutrisi, seperti serat dan folat, pada seledri yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sebagai berikut.

1. Mampu menghidrasi tubuh

Selain memastikan tubuh kita mendapatkan nutrisi yang cukup, penting juga untuk minum banyak cairan setiap hari.

Rekomendasi umumnya adalah minum delapan gelas air per hari, tetapi Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa wanita harus minum sekitar 11,5 gelas air per hari dan pria harus minum sekitar 15,5 gelas setiap hari.

Meskipun ini mungkin terdengar banyak, ingatlah bahwa kita bisa mendapatkan sekitar 20 persen dari kebutuhan cairan melalui makanan yang menghidrasi dan minuman sehat lainnya.

Air adalah hidrator terbaik dan salah satu manfaat utama seledri adalah kandungan airnya yang tinggi.

Menurut UCLA Health, seledri terdiri dari sekitar 95 persen air.

Meskipun mengonsumsi sayuran tidak dapat menggantikan minum banyak air, tetapi hal itu bisa membantu tubuh kita tetap terhidrasi dan juga menawarkan berbagai nutrisi.

Baca juga: Benarkah Seledri Bisa Dongkrak Kesehatan Seksual bagi Pria?

2. Sumber antioksidan yang kuat

Antioksidan memiliki kemampuan untuk menangkis radikal bebas, molekul tidak stabil yang berkontribusi pada banyak penyakit terkemuka.

Untungnya, sebuah studi tahun 2019 di International Journal of Food Properties menemukan bahwa seledri kaya akan antioksidan yang secara efektif dapat menangkal radikal bebas.

"Seledri mengandung banyak antioksidan termasuk vitamin C, beta-karoten, dan flavonoid," jelas ahli gizi terdaftar dan pemilik Camelback Nutrition & Wellness, Kristen Carli, MS, RD.

"Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu melawan dan mencegah peradangan penyakit kronis, yang menyebabkan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan bahkan kanker," ungkapnya.

Baca juga: 7 Manfaat Seledri, Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Kanker

3. Sayuran yang kaya serat

Serat memainkan peran penting dalam kesehatan mikrobioma usus dan keteraturan pencernaan, serta membantu memperlambat cara glukosa diproses dalam sistem yang menjaga gula darah lebih stabil.

Baru-baru ini, dengan tingkat kanker usus besar yang terus meningkat, pentingnya mengonsumsi lebih banyak serat menjadi semakin jelas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com