Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Latihan yang Bakar Kalori Terbanyak dan Cepat Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 29/05/2023, 05:44 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak semua orang suka pergi ke gym secara konsisten dan beberapa orang bahkan mungkin mengikuti latihan yang sama terus menerus sehingga bisa jadi membosankan.

Namun, dalam perjalanan menurunkan berat badan, penting untuk membuat tubuh terus bergerak dan membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi.

Untungnya, ada beberapa latihan yang berfokus untuk membakar kalori paling banyak dan membantu kita menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

"Intinya adalah bagaimana kita menemukan aktivitas fisik yang kita sukai dan melakukannya secara konsisten," kata ahli diet dan spesialis dalam bidang dietetika olahraga, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD.

"Jika penurunan berat badan adalah tujuannya, maka lakukan lebih banyak latihan dan pantau nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari sehingga kita secara sehat membuat defisit kalori sambil tetap mengisi tubuh dengan makanan yang kaya nutrisi," terangnya.

Baca juga: Ingin Turun Berat Badan, Berapa Kalori Harus Dikurangi Per Hari?

Latihan untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan

Lebih lanjut, Goodson pun membagikan beberapa jenis latihan yang bisa kita lakukan untuk membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan dengan cepat, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Berenang

Berenang merupakan latihan individu yang melibatkan seluruh tubuh.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa latihan ini adalah bentuk kardio dengan intensitas rendah yang dapat membantu kita membakar kelebihan kalori dan membentuk otot tanpa lemak.

Penelitian bahkan mendukung manfaat penurunan berat badannya.

Beberapa gaya renang seperti kupu-kupu, gaya dada, dan bahkan gaya bebas dapat mempercepat pembakaran kalori.

Menurut WorldHealth, hanya dalam 30 menit latihan, kita bisa membakar 367 hingga 404 kalori dengan berenang dalam beberapa gaya yang memakan energi ini.

Selain itu, aktivitas fisik ini juga membuat tubuh kita bergerak melawan resistensi, yang membantu tubuh membakar lemak dan membentuk otot.

"Otot lebih aktif secara metabolik daripada lemak, yang berarti otot membakar lebih banyak kalori saat istirahat," ujar Goodson.

Baca juga: Fakta Berenang: Bisa Bikin Tubuh Langsing dan Mengecilkan Perut Buncit

2. Zumba

Ilustrasi zumbaUnsplash Ilustrasi zumba
Bagi mereka yang mencari latihan kelompok yang menyenangkan, zumba bisa menjadi pilihan tepat untuk menurunkan berat badan.

Zumba bukanlah latihan yang biasa dilakukan, melainkan jenis latihan aerobik berintensitas tinggi, yang melibatkan gerakan-gerakan rumit dengan sekelompok orang yang memiliki minat yang sama untuk menari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com