Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecemasan hingga Perdarahan Otak, Tanda-tanda Kolesterol Rendah

Kompas.com - 30/05/2023, 10:21 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini kita mungkin berpikir bahwa hanya kolesterol tinggi saja yang dapat mengganggu kondisi kesehatan.

Padahal, hal yang sama juga bisa terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah kita terlalu rendah.

"Kadar kolesterol darah yang tinggi diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner," kata ahli kardiologi, Dr Francisco Lopez-Jimenez, MD.

"Kolesterol yang lebih rendah biasanya lebih baik, namun dalam kasus yang jarang terjadi, memiliki kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL, atau kolesterol "jahat") yang sangat rendah atau kadar kolesterol total yang sangat rendah, itu juga bisa meningkatkan masalah kesehatan," jelas dia.

Baca juga: 10 Makanan yang Bisa Dikonsumsi untuk Turunkan Kolesterol Jahat

Gangguan akibat kolesterol rendah

Nah, untuk mengetahui apakah kita mengalami kolesterol yang sangat rendah, simak beberapa tandanya sebagai berikut.

1. Depresi

Kolesterol rendah dapat menyebabkan depresi.

"Selama seperempat abad terakhir, kita telah diberitahu bahwa kolesterol berbahaya bagi kesehatan kita dan disarankan untuk menghindarinya agar dapat menjalani hidup yang lebih sehat," ungkap seorang psikiater, James M. Greenblatt, MD.

"Namun, kolesterol sangat penting dalam menjaga kesehatan mental yang baik."

"Otak adalah organ yang paling kaya kolesterol di dalam tubuh dan kekurangan asam lemak esensial dan kolesterol pada otak dapat menyebabkan masalah kesehatan yang merugikan," ujar dia.

Jadi, kadar kolesterol yang lebih rendah dalam darah dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena gangguan depresi mayor, serta peningkatan risiko kematian akibat bunuh diri.

2. Kecemasan

Kecemasan bisa menjadi gejala lain dari kadar kolesterol yang terlalu rendah.

Menurut psikolog Duke, Edward Suarez, PhD, saat ini terdapat banyak bukti yang meyakinkan, baik pada pria maupun wanita, bahwa kolesterol rendah merupakan prediktor potensial untuk depresi dan kecemasan pada individu tertentu.

"Data kami menunjukkan bahwa wanita dengan kolesterol rendah secara alami dapat memperoleh manfaat dari meningkatkan kolesterol mereka melalui langkah-langkah diet yang sehat, seperti mengonsumsi lebih banyak ikan atau minyak ikan," sarannya.

Baca juga: Jaga Kadar Kolesterol, Perhatikan Kebiasaan Makan Kita

3. Kelahiran prematur

Menurut sebuah studi tahun 2015, terdapat bukti bahwa kadar kolesterol yang rendah dapat menyebabkan kelahiran prematur.

"Berdasarkan temuan awal kami, tampaknya terlalu sedikit kolesterol sama buruknya dengan terlalu banyak kolesterol selama kehamilan, tetapi masih terlalu dini untuk mengekstrapolasikan hasil ini pada populasi umum," kata seorang dokter, Max Muenke, MD.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com