Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bai Soemarlono Ubah Tenun Ikat Jadi Outfit Liburan nan Modern

Kompas.com - 30/05/2023, 20:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, tenun ikat identik sebagai wastra yang digunakan oleh orang-orang untuk acara tertentu seperti upacara adat atau mungkin pernikahan.

Namun, seiring perkembangannya zaman, tenun ikat juga bisa menjadi pilihan pakaian untuk acara-acara yang lebih santai seperti liburan.

Nah, melalui label mode berkesinambungan (sustainable fashion) besutannya, Ohmmbybai, desainer ternama Indonesia, Bai Soemarlono bersama rekannya Joe Lim, kembali berkreasi dengan tenun ikat.

Kali ini, ia berkolaborasi dengan organisasi nirlaba, Cita Tenun Indonesia (CTI), untuk mengubah tenun ikat menjadi outfit yang lebih nyaman dan modern saat dipakai liburan.

Baca juga: Mengintip Butik Nespresso di PIK Avenue, Ada Dekorasi Tenun Ikat Indonesia

Ditemui dalam pagelaran busana bertajuk Pelesir, Bai pun menceritakan bahwa kegemarannya bepergian menjadi salah satu ide membuat outfit dari tenun ikat ini.

"Saya pribadi orangnya memang suka traveling dan kalau kemana-mana itu sukanya pakai kain wastra," ujar Bai di Cork & Screw Country Club, Jakarta, Senin (29/5/2023).

"Terlebih, melihat setelah pandemi, banyak sekali orang yang menghabiskan uangnya untuk berlibur. Jadi, saya inginnya kita bisa berlibur with style gitu," ungkap dia.

Selain itu, Bai juga mengungkapkan, kain wastra seperti tenun ikat masih terkesan seperti pakaian tradisional yang dikenakan orangtua.

Maka, untuk koleksi terbarunya ini, ia menyulap tenun ikat menjadi sesuatu yang lebih modern dan bisa dikenakan oleh siapa pun, termasuk anak muda.

"Ini tenunnya lebih kontemporer. Saya ingin anak-anak muda juga kenal dan mau pakai wastra Indonesia, makanya saya mengeluarkan koleksinya yang lebih modern," tutur dia.

Terinspirasi dari motif serat kayu

Hal menarik lainnya dari koleksi ini adalah motifnya yang mengacu pada serat kayu pohon, atau yang juga disebut galaran.

Baca juga: Koleksi Busana Lebaran Wignyo, Terinspirasi Uniknya Tenun Buton Tengah

"Galaran itu dari kata galar atau garis melengkung yang tidak putus-putus, biasanya terlihat di serat kayu," ungkap Bai.

"Kalau di batik klasik, galaran dipakai sebagai background. Dan ini adalah salah satu motif Indonesia yang paling saya suka karena simpel namun tetap bermakna," jelas dia.

Sementara itu, perancang busana sekaligus pengurus CTI, Dhanny Dahlan menambahkan bahwa galaran juga bagian dari motif parang.

Dalam pagelaran busana bertajuk Pelesir, desainer ternama Indonesia, Bai Soemarlono memperkenalkan koleksi terbaru tenun ikat melalui label mode besutannya Ohmmbybai.Ryan Sara Pratiwi Dalam pagelaran busana bertajuk Pelesir, desainer ternama Indonesia, Bai Soemarlono memperkenalkan koleksi terbaru tenun ikat melalui label mode besutannya Ohmmbybai.
"Parang itu kan maknanya gelombang yang selalu menerpa ke tebing, menerpa ke gunung, dan daya juangnya itu luar biasa sehingga harapannya kreasi ini akan sesuai dengan filosofinya," kata Dhanny.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com