Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 02/06/2023, 05:58 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Bagi penderita asam lambung, mengetahui makanan mana saja yang perlu dihindari adalah sebuah hal wajib guna mencegah datangnya berbagai gejala tidak menyenangkan.

Menurut asisten profesor kedokteran klinis di Touro College Of Osteopathic Medicine di New York, Niket Sonpal, M.D., beberapa makanan yang perlu dihindari tersebut antara lain adalah red wine, kopi, cokelat, daging merah, pasta, gorengan, dan berbagai makanan berat lainnya.

Alasannya, makanan-makanan di atas dapat mengendurkan sfingter esofagus, katup kecil di dasar esofagus bagian bawah, yang menyebabkannya terbuka.

Sonpal menambahkan, jika itu terjadi, asam lambung yang seharusnya tetap ada dalam perut dapat naik menuju dada, membuat munculnya sensasi panas yang disebut heartburn.

Belum lagi, penderta asam lambung pun harus menjaga banyaknya jumlah makanan yang dikonsumsi.

Pasalnya, makan besar dapat membuat perut meluas, sehingga membutuhkan lebih banyak asam untuk memecahnya, membuat sfingter makin tertekan.

Lalu jika berbaring sesaat setelah memakan atau meminum pemicunya, rasa asam di mulut, heartburn, dan batuk akan muncul.

Selain itu, pendiri dari Nutrition by Robin, Robin Foroutan pun mengatakan bahwa orang-orang dengan berat badan berlebih, hamil, dan mengonsumsi makanan berat lalu tiduran  setelah makan juga dapat mengalami gejala asam lambung, seperti heartburn dan nyeri dada.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Refluks Asam Lambung

Makanan pereda asam lambung

Untungnya, ada beberapa makanan yang justu dapat meredakan gejalanya, seperti enam makanan berikut.

Pisang

Bukan rahasia lagi bahwa buah dengan kandungan asam tinggi seperti jeruk atau buah beri dapat memicu naiknya asam lambung.

Karena itulah, Foroutan menyarankan agar kita mengonsumsi buah yang lebih ringan dan dapat membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik, seperti pisang.

“Makanan yang mudah dicerna namun kaya serat merupakan kombinasi yang baik untuk mencegah asam lambung. Buah sangat bagus karena mengandung banyak air dan dapat bergerak di perut dengan cepat," ujar Foroutan.

Foroutan dan Dr. Sonpal pun mengatakan bahwa pisang adalah salah satu opsi etrbaik karena mampu menenangkan usus dan membentu menetralisir asam lambung guna mencegahnya menumpuk di esofagus.

Baca juga: 6 Buah-buahan Manis yang Bermanfaat Mengatasi Asam Lambung

Oatmeal

Foroutan merekomendasikan agar kita mengonsumsi whole grain seperti oatmeal yang kaya akan serat.

Sonpal pun menambahkan bahwa oatmeal merupakan whole grain yang baik karena memiliki tekstur pekat layaknya gelatin yang dapat membantu menutup sfingter esofagus, sehingga asam lambung tidak mudah naik.

Halaman:
Baca tentang
Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com