Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Tebak, Ini Cara Jitu Kenali Love Language Pasangan

Kompas.com - 02/06/2023, 10:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memahami dan mengetahui love language yang dimiliki pasangan sangat penting dalam memperkuat hubungan.

Sejauh ini, ada lima tipe bahasa cinta yang kita kenal berdasarkan teori Gary Chapman, penulis buku terlaris asal Amerika Serikat yang berjudul "The 5 Love Languages".

Lima bahasa cinta itu mencakup acts of services, words of affirmation, physical touch, quality time, dan receiving gifts.

Mengingat betapa pentingnya memahami bahasa cinta dapat membantu kita lebih mengenali karakter dan apa yang diharapkan oleh pasangan dalam hubungan cinta.

Berikut cara jitu untuk mengetahui love language yang dimiliki pasangan.

Baca juga: 7 Kesalahan Orang Mengartikan Love Language 

Cara jitu mengetahui love language pasangan

Ilustrasi pasangan mengungkapkan bahasa cintaUnsplash Ilustrasi pasangan mengungkapkan bahasa cinta

Memahami love language yang dimiliki pasangan bisa menjadi kunci untuk menjalani hubungan yang lebih positif dan jangka panjang.

Dr. Laura Vowels, pakar hubungan dan terapis seks yang berbasis di Swiss menyebutkan bahwa memahami bahasa cinta pasangan tidak boleh dilakukan dengan asal menebak.

Kata dia, tidak ada cara lain untuk mengetahui love language tanpa adanya komunikasi dua arah.

"Cara terbaik untuk mengetahui bahasa cinta pasangan kita adalah melakukan percakapan terbuka dengan mereka tentang tindakan apa yang membuat pasangan merasa paling dihargai," ujar Dr Vowels, seperti dilansir Hello Magazine.

Memahami bagaimana mengungkapkan perasaan dengan berkomunikasi satu sama lain sangat membantu kita untuk merasa lebih didukung dalam hubungan yang sedang dijalin.

Pasalnya tidak ada formula yang cocok untuk semua orang dalam hal bahasa cinta.

Apakah itu words of affirmation, receiving gifts, quality time, physical touch atau acts of service memiliki preferensi yang berbeda bagi setiap individu.

Baca juga: Pahami dan Kenali, 5 Bahasa Cinta dalam Hubungan Asmara 

Selain itu, Dr. Vowels juga menjelaskan, sangat penting hubungan itu dibangun atas dasar kepercayaan, rasa hormat dan koneksi berupa emosional dan fisik.

"Ini adalah hal terpenting yang dapat kita bagikan dengan pasangan. Sementara semua bahasa cinta itu memiliki peran positif dalam hubungan."

Lain hal jika kita hanya menebak-nebak bahasa cinta yang menjadi preferensi pasangan.

Melakukan tindakan yang keliru bisa saja memengaruhi dan mengubah fondasi hubungan yang lebih rapuh dalam hubungan cinta jangka panjang.

"Terlalu berlebihan atau menekankannya (bahasa cinta yang salah) juga dapat menyebabkan masalah pada hubungan untuk dapat berkembang," tutup Dr. Vowels.

Baca juga: 5 Cara Ungkapkan Love Language kepada Pasangan di Hari Valentine 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com