Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Air Putih, Apa Minuman untuk Hidrasi Tubuh yang Lebih Baik?

Kompas.com - Diperbarui 03/06/2023, 15:50 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika selama ini kita berpikir bahwa air putih adalah minuman terbaik untuk menghidrasi tubuh, maka kita salah besar.

Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, air putih bukanlah minuman terbaik untuk hidrasi, atau setidaknya dalam hal keseimbangan cairan tubuh dalam jangka panjang.

Tetapi, studi ini mengungkap, susu, baik itu susu skim dan susu murni, bisa lebih menghidrasi daripada air putih, bahkan ketika memperhitungkan kandungan air yang melekat pada minuman tersebut.

Sebab, hidrasi tidak hanya ditentukan oleh keseimbangan cairan tetapi juga retensi, yang berarti manfaat minuman tidak cepat hilang karena buang air kecil.

Baca juga: 5 Mitos Seputar Hidrasi Tubuh yang Tak Perlu Kita Percaya

Susu juga mengandung banyak nutrisi seperti lemak, laktosa, dan natrium yang berkontribusi pada kemampuannya untuk bertahan lebih lama di dalam tubuh, sehingga memberikan lebih banyak hidrasi.

Menurut Cleveland Clinic, natrium, khususnya, adalah elektrolit tubuh yang paling umum untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Sementara itu, para penulis studi dari Fakultas Kedokteran Universitas St Andrews di Skotlandia melakukan pengujian untuk mengembangkan indeks hidrasi minuman.

Hampir 90 orang berpartisipasi dalam penelitian ini dan efek menghidrasi dari susu bukanlah satu-satunya kejutan yang dicatat dalam hasil penelitian.

Namun, jus jeruk ternyata juga terbukti dapat menghidrasi tubuh dengan lebih baik dibandingkan air putih.

Pentingnya menghidrasi tubuh dengan tepat

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk banyak fungsi tubuh.

Harvard T.H. Chan School of Public Health mengungkap, tubuh akan merasa lebih baik dan berpikir lebih baik ketika tubuh terhidrasi dengan baik.

Selain itu, hidrasi juga memainkan peran penting dalam menjaga suhu tubuh dan menyediakan nutrisi bagi sel-sel tubuh.

Baca juga: Bernapas Melalui Hidung Ternyata Memengaruhi Hidrasi Kulit

Karena air putih secara tradisional merupakan minuman yang direkomendasikan untuk hidrasi, ada jumlah minimum harian air putih yang perlu dikonsumsi agar tubuh tetap terhidrasi.

Untuk pria, jumlahnya adalah 3,7 liter per hari dan untuk wanita adalah 2,7 liter per hari.

Kendati demikian, air putih bukanlah satu-satunya minuman yang kita minum dan pilihan lain juga dapat berguna untuk membantu kita tetap terhidrasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com