Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2023, 19:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehilangan pekerjaan akibat terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah kenyataan pahit yang dihadapi banyak orang pada suatu saat dalam perjalanan karier mereka.

Terutama pada masa ekonomi yang sulit, rasa takut menjadi pengangguran dapat membuat orang-orang menjadi panik dan melupakan tujuan jangka pendek dan jangka panjang mereka.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa ketangguhan dan tekad dapat membuka jalan menuju kesuksesan, bahkan dalam situasi yang sulit sekalipun.

Baca juga: 7 Cara Melawan Pukulan Emosional akibat Terkena PHK

Nah, dilansir dari laman Forbes, berikut terdapat beberapa saran untuk membuat kita tetap tangguh dan termotivasi pasca terkena PHK.

1. Mengambil tindakan

Saran pertama adalah berfokus pada apa yang bisa kita kendalikan dan ambil tindakan.

Misalnya, perbarui media sosial atau laman pencari kerja yang kita miliki, setelah itu mulailah untuk berjejaring sambil meningkatkan keterampilan.

Kita bisa mengikuti kursus online atau menghadiri lokakarya untuk mengembangkan keterampilan baru dan meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki.

Hal ini bisa membuat kita menjadi kandidat yang lebih berharga bagi calon pemberi kerja.

Ingatlah bahwa kehilangan pekerjaan sering kali bersifat sementara dan dapat memberikan peluang untuk tumbuh dan berkembang.

2. Gunakan waktu untuk merefleksikan diri

Kehilangan pekerjaan sebenarnya dapat membantu menjernihkan pikiran dan menilai kembali tujuan karier kita.

Baca juga: 5 Tips Kerja Bahagia dan Produktif di Tengah Ancaman PHK

Meski sering kali mengejutkan, namun kehilangan pekerjaan bisa menjadi saat yang tepat untuk memikirkan masa depan, dampak apa yang ingin kita miliki, dan warisan seperti apa yang ingin kita tinggalkan di karier berikutnya.

Dengan merefleksikan diri dan mempertimbangkan segala hal, seperti keterampilan, tujuan, pertumbuhan, maupun peluang untuk berkembang, maka itu semua akan mendukung petualangan karier kita berikutnya.

3. Selalu bersiap

Setiap orang perlu untuk bersiap-siap menghadapi kehilangan pekerjaan agar mereka dapat mengendalikan nasib mereka sendiri sebelum hal itu terjadi.

Ini berarti terus membuat diri kita layak dipasarkan dengan membangun keterampilan dan pengalaman, menjadi sukarelawan untuk berbagai proyek, dan mencari cara untuk mendapatkan eksposur yang tepat.

Fokuslah pada jaringan eksternal. Selain itu, pastikan kita juga menyimpan uang dalam tabungan agar kita tidak panik jika kehilangan pekerjaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com