Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Lebih Banyak Air Putih Ampuh buat Diet, Benarkah?

Kompas.com - 05/06/2023, 11:24 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum air putih sering dianggap sebagai cara untuk menghindari rasa haus di musim panas dan cara untuk menghidrasi tubuh.

Meskipun hidrasi yang optimal adalah kunci dari gaya hidup sehat, apakah minum air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan?

Nah, memasukkan cukup H2O ke dalam diet sehat ternyata merupakan langkah yang tepat bila kita sedang dalam perjalanan menurunkan berat badan.

Terutama, jika kita sudah membatasi makanan yang digoreng dan bergula, melakukan aktivitas fisik, dan mengadopsi kebiasaan baik lainnya yang mendukung penurunan berat badan.

Ya, tindakan sederhana seperti minum air putih yang cukup dan menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang dibutuhkan tubuh jika kita sedang berusaha menurunkan berat badan secara efektif.

Baca juga: Minum Air Putih Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan, Begini Metodenya

Minum air putih ampuh bantu diet

Menurut ahli diet, Lauren Manaker MS, RDN, LD, CLEC, minum lebih banyak air putih dapat membantu kita dalam upaya menurunkan berat badan.

Apalagi, jika kita menggabungkannya dengan kebiasaan yang mendukung proses diet, seperti menyertakan aktivitas fisik dalam keseharian dan mengonsumsi makanan yang seimbang, serta sesuai kalori.

"Tidak seperti soda manis atau minuman kopi yang mewah, air putih tidak mengandung kalori, karbohidrat, gula, garam, dan lemak," kata Manaker.

Jadi, meminumnya tidak akan menambah kalori atau lemak, dan itu baik untuk membantu menurunkan berat badan," terang dia.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum air putih dapat meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori saat beristirahat.

Selain itu, minum air putih tidak hanya membantu membakar lebih banyak kalori saat kita beristirahat, tetapi juga dapat membantu memecah lemak.

Faktanya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Nutrition, cairan yang cukup dibutuhkan untuk memecah lemak dalam tubuh.

Baca juga: Minum Air Hangat di Pagi Hari Bisa Bantu Hilangkan Perut Buncit?

Berapa banyak air yang diminum untuk diet

Jumlah air putih yang perlu kita minum untuk menurunkan berat badan akan bervariasi berdasarkan beberapa faktor, termasuk berat badan, seberapa banyak kita berolahraga, dan seberapa banyak kita berkeringat.

Umumnya, Institute of Medicine menganjurkan agar pria dewasa yang sehat mengonsumsi sekitar 15,5 gelas (3,7 liter) cairan setiap hari dan wanita dewasa yang sehat mengonsumsi sekitar 11,5 gelas (2,7 liter) cairan setiap hari.

Volume cairan ini termasuk air dan minuman lain, serta air yang kita dapatkan dari mengonsumsi makanan yang menghidrasi, seperti semangka dan mentimun (yang sebagian besar terdiri dari air).

Namun, penting untuk bersikap realistis tentang hasil yang akan kita lihat ketika kita minum lebih banyak air.

"Jika kita meningkatkan asupan cairan tetapi tidak mengonsumsi makanan yang tepat, berpartisipasi dalam olahraga teratur, atau tidur yang berkualitas, kecil kemungkinan diet akan berhasil," ungkap Manaker.

"Namun, jika kita sudah melakukan semua hal yang benar, memastikan bahwa kita minum cukup air yang dibutuhkan tubuh, maka kita akan melihat hasil yang kita inginkan," imbuh dia.

Baca juga: Begini Ternyata Aturan Minum Air Putih yang Benar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com