Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fashion Gathering LIMOFF 2023, Suguhkan Wastra dan Budaya NTB di Jakarta

Kompas.com - 06/06/2023, 18:48 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesian Fashion Chamber (IFC) beserta Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Dekranasda NTB siap menggelar Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) pada 6 hingga 9 Juli 2023.

Perhelatan ini merupakan event fesyen berskala internasional yang pertama kali digelar oleh NTB. Nantinya, gelaran ini akan merepresentasikan banyak kegiatan menarik seperti peragaan busana, lokakarya, kompetisi, talkshow, dan pameran berstandar internasional.

Selama empat hari penyelenggaraannya, LIMOFF 2023 akan menghadirkan 150 desainer dan jenama fesyen baik lokal, nasional, hingga internasional.

"Saat ini kami mencoba inisiasi yang baru untuk diselenggarakan di Lombok. Karena sejauh ini NTB kan dikenal akan pantainya, Sirkuit Mandalika dan diharapkan LIMOFF bisa membawa perubahan pada industri modest dan gaya hidup,"

Demikian ujar Niken Zulkieflimansyah, Ketua Dekranasda NTB, Founder LIMOFF dalam konferensi persnya di Sarinah, Jakarta, baru-baru ini.

Suguhan tarian khas NTB di konferensi pers LIMOFF 2023, Sarinah, Jakarta.Dok. LIMOFF 2023 Suguhan tarian khas NTB di konferensi pers LIMOFF 2023, Sarinah, Jakarta.

Selain fesyen, LIMOFF akan menjadi ajang promosi sektor unggulan lainnya di NTB, yaitu pariwisata, kerajinan tangan, kecantikan, dan kuliner halal. Nantinya, LIMOFF 2023 juga akan dimeriahkan pula dengan upaya pemecahan rekor MURI Penenun Terbanyak.

“LIMOFF bertujuan untuk mempromosikan dan merayakan warisan budaya NTB agar dapat dikenal lebih luas melalui fesyen yang digabungkan dengan pariwisata, handicraft, kecantikan, dan kuliner."

"Festival ini sebagai showcase untuk menampilkan potensi karya para kreator sektor fesyen meliputi jenama fesyen dan pengrajin tekstil di NTB," tambah Niken.

Baca juga: Warna Cerah hingga Motif Monogram Bakal Jadi Tren Modest Fashion 2023 

Rangkaian agenda menunju LIMOFF 2023

Representasi istri duta negara yang mengenakan wastra NTBDok. LIMOFF 2023 Representasi istri duta negara yang mengenakan wastra NTB

Kegiatan roadshow LIMOFF 2023 telah giat dilakukan untuk memperkenalkan dan mempromosikan acara ini ke berbagai kota besar di Indonesia, bahkan sampai ke Malaysia.

Roadshow LIMOFF 2023 ditujukan pula untuk mengundang desainer maupun jenama modest fesyen nasional dan internasional turut berpartisipasi dalam LIMOFF 2023.

Di Jakarta sendiri, rangkaian menuju LIMOFF 2023 digelar di Sarinah atas dasar inisiasi Women's International Club (WIC) Jakarta yang menghadirkan Fashion Gathering.

Selain merepresentasikan sejumlah agenda di modest fashion festival di NTB, rangkaian kegiatan menuju ini menyuguhkan pertunjukan tari kontemporer NTB, peragaan busana yang dikenakan oleh para istri dari duta besar negara tetangga seperti Nigeria, Pakistan, Maroko sampai Ekuador serta berbagai bazar produk unggulan NTB.

"Berpartisipasi dalam modest fashion festival merupakan hal baru bagi kami, padahal organisasi kami sudah berdiri lebih dari 70 tahun."

"WIC dan LIMOFF dimotori oleh perempuan-perempuan hebat Indonesia. Kami membantu perempuan-perempuan Indonesia lainnya untuk semakin giat berkarya dengan caranya masing-masing,” papar Nina Handoko, President of Women's International Club (WIC) Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com