Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Figur Langka Kaws yang Harus Diketahui Kolektor Seni

Kompas.com - 22/08/2023, 10:01 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - KAWS, seorang seniman New York telah menjadi terkenal berkat karya boneka vinil yang bisa dikoleksi, dan pameran patung berukuran sangat besar di berbagai tempat di dunia, termasuk di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, yang sedang berlangsung saat ini.

Hal itu tidak lepas dari perjalanan KAWS -- yang bernama asli Brian Donelly-- dalam mengenalkan karyanya langsung dari jalanan di tahun 90-an, sehingga meraih perhatian banyak orang.

Donelly yang awalnya gemar mencorat-coret dinding bangunan, papan iklan, halte bus, dan juga booth telepon, kemudian mengembangkan karir dengan menjadi animator kartun untuk Disney films dan juga serial TV Daria. Ia menandai banyak tempat dengan karakter uniknya yang menyerupai Mickey Mouse, namun memiliki mata berbentuk X dan wajah datar.

Brian Donelly alias KAWS bersama figur boneka vinilnya Brian Donelly alias KAWS bersama figur boneka vinilnya
KAWS mengungkapkan bahwa satu-satunya hal yang ia pikirkan saat menggambar grafitti adalah bahwa ia ingin exist di dunia lewat bahasa visual. Menurutnya, tidak ada artinya melukis jika ia tak mampu menjangkau orang-orang.

Pada permulaan era milenial, KAWS mengembangkan karakternya menjadi bentuk tiga dimensi dan membuka pintu seni lebar-lebar untuk publik melalui bonekanya. Koleksi ini awalnya terjangkau, namun belakangan menjadi barang langka yang sulit didapatkan.

Ketika KAWS mulai berkolaborasi dengan berbagai label seperti Nike, Supreme, Dior, Comme des Garçons, A Bathing Ape, dan Uniqlo serta selebriti seperti Pharrell Williams dan Kanye West, karyanya menjadi semakin mahal dan jadi incaran kolektor.

Baca juga: Ajak Orang Terhubung Kembali, KAWS Hadirkan Boneka 45 Meter di Candi Prambanan

Berapa harga figur KAWS?

KAWS bersama AllRightReserved dan AKG Entertainment, menampilan boneka raksasa berukuran panjang 45 meter berwarna merah muda yang dinamai dengan ?Accomplice? di Candi Prambanan Yogyakarta KAWS bersama AllRightReserved dan AKG Entertainment, menampilan boneka raksasa berukuran panjang 45 meter berwarna merah muda yang dinamai dengan ?Accomplice? di Candi Prambanan Yogyakarta
KAWS telah memiliki 4,4 juta pengikut di Instagram (Agustus 2023) dan mendapatkan berjuta-juta dolar dari penjualan karyanya. Karya yang paling banyak dikoleksi adalah boneka vinyl yang harganya mulai dari 15 dollar AS atau sekitar Rp 230 ribu, hingga 2,4 juta dollar AS atau sekitar Rp 36,8 miliar di pelelangan.

Boneka-bonekanya masih sangat diinginkan sehingga menjadi incaran. Apalagi figur KAWS ini terjual habis dengan cepat karena jumlahnya yang terbatas, sehingga banyak reseller menjualnya kembali dengan harga berkali-kali lipat dari harga aslinya.

Dari sekian banyak figur yang pernah diproduksi, ada beberapa yang sangat didambakan para kolektor, Inilah 10 di antaranya:

1. KAWS x Bounty Hunter 'Companion'

KAWS x Bounty Hunter 'Companion' KAWS x Bounty Hunter 'Companion'
Boneka bernama Companion hasil kolaborasi KAWS dengan label boneka dan streetwear terkenal Jepang bernama Bounty Hunter, merupakan karakter KAWS paling terkenal yang dibuat pada tahun 1999.

Boneka dengan tampilan serupa Mickey Mouse namun bermata X dengan tinggi 20 cm ini diluncurkan sebanyak 500 edisi dalam warna hitam, abu-abu, dan coklat.

2. KAWS x Medicom Toy Bearbrick 'Chomper' 1000%

KAWS x Medicom Toy Bearbrick 'Chomper' 1000% KAWS x Medicom Toy Bearbrick 'Chomper' 1000%

Setelah Bounty Hunter, KAWS lagi-lagi berkolaborasi dengan merek boneka Jepang bernama Medicom pada tahun 2002 yang berkelanjutan hingga menciptakan beberapa boneka edisi terbatas, salah satunya adalah the Blue Chomper yang diluncurkan pada 2003 dan masih sangat dicari.

3. KAWS x Medicom Toy 'Dissected Companion'

KAWS x Medicom Toy 'Dissected Companion' KAWS x Medicom Toy 'Dissected Companion'

Di tahun 2006, KAWS meluncurkan serangakaian boneka Companion yang dibedah sebagian sehingga memberikan kesan ketidakabadian pada karakter yang biasanya ceria.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com