Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlari dengan Cara Ini Bantu Usir Lemak Berlebih

Kompas.com - 06/01/2016, 09:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Sudah rutin berlari setiap hari, namun Anda mendapati lemak pinggang tak kunjung hilang? Itu tandanya Anda perlu mengubah cara berlari. Lakukan selama 1 bulan ke depan untuk perut, pinggul, dan paha yang lebih kencang.

Variasikan kecepatan berlari

Berlari atau berjalan dengan kecepatan berbeda, terbukti efektif mengurangi lemak perut dan mempercepat metabolisme tubuh, ketimbang bergerak pada kecepatan yang sama selama latihan.

Cobalah kondisikan tubuh Anda untuk berlari santai selama 15 menit, lalu berlari sangat cepat selama 15 menit, kemudian lambatkan lari Anda selama 15 menit. Ini akan membuat kalori yang terbakar 30 persen jauh lebih banyak.

 

Perpanjang waktu latihan

Bila kebiasaan berlari tak mampu membakar lemak secara efektif, Anda mungkin perlu menambahkan waktu latihan lebih lama, sekitar 10-15 menit. Apalagi, jika Anda memang benar-benar ingin menurunkan berat badan.

Setiap kali Anda berjalan cepat selama lima menit, Anda telah membakar sekitar 45 kalori. Dan angka itu bisa memotivasi Anda untuk terus berjalan cepat, bukan?

 

Angkat lutut yang tinggi

Kegiatan ini bisa Anda lakukan di mana saja tanpa perlu ke gym. Anda bisa berjalan atau berlari di tempat dengan mengangkat lutut setinggi perut selama 15-20 menit sambil menonton tayangan favorit.

Tanpa sadar, Anda telah menguatkan otot-otot bagian bawah, sepeti perut dan paha. Untuk perut yang lebih rata, berkonsentrasilah untuk lebih banyak menggunakan otot perut ketimbang kaki, lalu angkat lutut setinggi yang Anda bisa.

 

Gaya setengah push-up di treadmill

Sebelum menggerakkan treadmill, atur posisi tubuh bergaya plank atau seperti ingin push-up dengan tangan menopang pada pegangan treadmill dan kaki agak condong ke belakang lalu mulailah berjalan perlahan. Ini akan membuat otot perut tertarik dan membuat pembakaran lemak menjadi lebih efektif. Lakukan selama 1-2 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com