Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2016, 09:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Anda pasti pernah mendengar tentang probiotik dan prebiotik. Tahukah Anda perbedaan dan manfaat keduanya?
 

Prebiotik

Prebiotik adalah senyawa natural dalam makanan yang tidak dapat dicerna usus, berfungsi sebagai suplemen untuk mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan.

Prebiotik bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan berpotensi meningkatkan penyerapan kalsium.

Yang termasuk prebiotik adalah fruktooligosakaarida seperti inulin dan  galaktooligosakarida. Tapi, Anda tak perlu pusing dengan nama panjang ini, ingat saja untuk memasukkan makanan sumber prebiotik ini ke dalam menu sehari-hari; pisang, bawang merah, bawang putih, daun bawang, asparagus, artichoke, kedelai dan  gandum, buah-buahan, kacang polong-polongan, serta bawang prei.

 

Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara natural ada di dalam usus. Kultur baik ini membantu menyeimbangkan flora di usus.

Fungsinya untuk kesehatan secara keseluruhan, kebaikan pencernaan dan meningkatkan sistem imun.

Probiotik digunakan untuk membantu mengatasi sindrom iritasi usus besar. Beberapa strain probiotik dapat membantu mencegah gejala alergi tertentu, mengurangi gejala intoleransi laktosa dan banyak lagi.

Istilah Probiotik diperkenalkan kepada masyarakat umum melalui industri suplemen makanan dan minuman, padahal sebenarnya kita sudah memperoleh bakteri baik tersebut semenjak kita dilahirkan.

Ada penelitian menyebutkan,  mikroorganisme baik ini biasanya didapat oleh bayi yang lahir secara normal.

Mungkin inilah  penyebab mengapa bayi yang lahir secara Caesar cenderung memiliki alergi, sistem imun yang kurang optimal dan jumlah mikroorganisme flora normal yang lebih rendah saat lahir dibanding yang lahir normal.

Makanan yang merupakan sumber probiotik yang baik antara lain adalah produk suusu fermentasi seperti yogurt, kefir, kimchi, miso, tempe, susu kedelai.

 

Dynamic duo

Prebiotik dan probiotik bekerja bersama-sama untuk meningkatkan kesehatan kita. Prebiotik adalah makanan bagi probiotik. Produk makanan yang mengandung keduanya disebut sinbiotik. Di dalam menu, contohnya adalah pisang dilumuri yogurt, tumis asparagus dengan tempe.

Jadi, pastikan Anda memasukkan mereka ke dalam daftar belanjaan Anda selanjutnya. Periksa label makanan yang Anda beli, adakah menuliskan sinbiotik atau tulisan 'membantu kesehatan pencernaan' di labelnya.

"Riset membuktikan, bahwa prebiotik dan probiotik tidak cuma bagus untuk pencernaan. Anda akan merasa lebih bugar dan tahan penyakit dan jantung bertambah sehat, dengan mengasup keduanya," kata Kristi King, MPH, RDN, LD, CNSC, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Bagi yang punya masalah pencernaan atau sistem daya tahan tubuh yang lemah, sebaiknya kontak dokter nutrisi untuk mendapat takaran prebiotik dan probiotik yang harus Anda asup dan untuk berapa lama, untuk membantu Anda mencapai kesehatan yang optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com