Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Benda Tajam Bergantian Bisa Jadi Media Penularan Hepatitis

Kompas.com - 02/02/2017, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Virus hepatitis B mudah sekali menular melalui cairan tubuh manusia seperti darah atau sperma. Namun, benda tajam seperti jarum suntik atau alat-alat salon yang tidak steril juga bisa jadi media penularan.

Hepatitis juga dapat ditularkan dari penggunaan alat cukur atau sikat gigi secara bergantian dengan orang yang terinfeksi hepatitis. Virus juga mudah disebarkan lewat jarum tato atau alat tindik.

Walau begitu, hepatitis tidak menular hanya melalui pelukan, ciuman, bersin, atau berbagi makanan dan minuman.

Hepatitis merupakan peradangan pada sel-sel hati akibat infeksi virus atau bakteri, obat-obatan, atau konsumsi alkohol. Penularan juga bisa terjadi dari ibu pada bayinya saat persalinan.

Hepatitis yang pada fase awal tak menimbulkan gejala spesifik itu muncul kapan saja dan merenggut nyawa dalam senyap. Banyak pasien hepatitis B baru berobat setelah terjadi sirosis.

Penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan menghindari penggunaan benda tajam secara bergantian atau memakai kondom jika melakukan hubungan seks beresiko. Walau begitu, pencegahan utama hepatitis adalah dengan vaksin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com