Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Angka Kesembuhan Pasien Kanker Paru Rendah?

Kompas.com - 03/02/2017, 16:07 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah kasus kanker paru memang tak lebih tinggi dibanding jenis kanker lainnya, seperti kanker payudara dan serviks. Meski demikian, kanker paru menyumbang angka kematian tertinggi. Tingkat harapan hidup pasien kanker paru terbilang rendah dibanding kanker lainnya.

Dokter spesialis paru dari RS Persahabatan Jakarta, Agus Dwi Susanto, mengatakan, kanker paru umumnya ditemukan pada stadium lanjut.

"Sebagian besar datang ke rumah sakit sudah stadium III dan IV. Itu karena kanker paru awalnya tak bergejala atau tak disadari pasien," ujar Agus di Jakarta, beberapa minggu lalu.

Gejala kanker paru biasanya baru muncul ketika tumor ganas tersebut sudah membesar. Pasien juga jarang mencurigai adanya kanker paru karena gejalanya mirip dengan penyakit sistem pernapasan lainnya.

Gejala umum kanker paru, antara lain, batuk terus-menerus, batuk berdarah, nyeri dada, mengi, dan cepat kelelahan. Namun, bila sudah muncul gejala, biasanya sudah stadium lanjut.

Selain itu, penyebaran kanker di paru cukup cepat sehingga perkembangan kanker ke stadium lanjut pun cepat terjadi.

"Di paru-paru itu kan banyak pembuluh darah, misalnya ada yang ke jantung, jadi kanker di paru mudah menyebar," kata Agus.

Kondisi itulah yang menyebabkan tingkat harapan hidup pasien kanker paru lebih rendah dibanding jenis kanker lainnya.

Agus mengungkapkan, survival rate pasien kanker paru rata-rata tak lebih dari lima tahun. "Namun, itu masih di bawah 20 persen yang bisa bertahan sampai lima tahun. Kalau disertai komplikasi, di bawah 5 tahun," tutur Agus.

Hal senada dikatakan dokter spealis paru dari RS Persahabatan, Jamal Zaini. Ia mengungkapkan, dari 100 pasien kanker paru yang didiagnosis di tahun pertama, pada tahun kelima hanya terdapat 2 orang yang bertahan hidup. Jamal mengatakan, sekitar 80 persen pasien kanker paru ditemukan pada stadium lanjut.

"Kanker yang paling banyak menyerang laki-laki itu kan prostat dan kolon. Pada perempuan ada kanker payudara dan serviks. Namun, yang paling sering menimbulkan kematian adalah kanker paru," kata Jamal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com