Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2017, 11:32 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber MSN.com

KOMPAS.com — Jika lingkungan sekitar potensial menyebarkan flu dan Anda serta anak-anak belum mendapatkan vaksinasi flu tahunan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika merekomendasikan untuk segera melakukan vaksinasi.

Di Amerika, jumlah kasus flu musiman yang dimulai sejak Oktober lalu jumlahnya lebih tinggi dari biasanya.

Pada minggu pertama 2017, jumlah kematian akibat influenza dan pneumonia mencapai tingkat epidemi dan total delapan anak telah meninggal akibat virus sejak awal musim flu pada bulan Oktober, CDC melaporkan.

Sementara itu, ada sekitar dua rawat inap terkait penyakit flu per 100.000 orang. Karena itu, CDC menilai kasus ini bisa menjadi pertimbangan banyak orang di berbagai negara karena flu bukan lagi penyakit "rumahan".

Kelompok usia dengan tingkat rawat inap paling tinggi adalah anak balita, khususnya di bawah empat tahun, lalu orang dewasa 65 tahun dan lebih tua, dan diikuti oleh orang dewasa berusia antara 40-60 tahun.

Sementara itu, ratusan ribu orang dirawat di rumah sakit dan puluhan ribu orang meninggal akibat flu setiap tahun di dunia. Demikian menurut CDC.

Dengan kata lain, tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan vaksin flu bila lingkungan Anda dan anak-anak berpotensi menyebarkan virus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com