Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegiatan Menyenangkan untuk Perlambat Penurunan Daya Ingat

Kompas.com - 09/02/2017, 12:35 WIB

KOMPAS.com - Penurunan daya ingat di usia lanjut mungkin sulit kita hindari, namun ketajaman penurunannya bisa diperlambat.

Beberapa kegiatan sederhana tapi menyenangkan, seperti membuat kerajinan, menonton film atau pertunjukan, serta bermain games, diketahui bisa menurunkan risiko terjadinya gangguan kognitif ringan.

Walau gangguan itu tidak berat, tapi orang yang mengalami gangguan kognitif ringan umumnya juga beresiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia di kemudian hari.

Dalam peneltian yang dimuat di jurnal JAMA Neurology diketahui para responden yang melakukan aktivitas-aktivitas seperti menonton film atau aktif bersosialisasi risikonya mengalami penurunan daya ingat lebih rendah.

Penggunaan komputer, misalnya untuk bermain games, memiliki manfaat paling besar dalam hal memperbaiki kemampuan memori dibanding melakukan kerajinan atau menonton.

Yang menarik, ternyata hobi membaca menurut studi tersebut tidak menurunkan risiko gangguan kognitif. Para ahli menduga, walau aktivitas itu bermanfaat bagi kesehatan mental, tetapi untuk merangsang otak diperlukan keterampilan teknik dan manual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com