Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir Rasa Galau dengan Rutin Makan Buah dan Sayur

Kompas.com - 13/02/2017, 10:19 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Makan buah dan sayuran ternyata tak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Sejumlah penelitian menemukan, makan buah dan sayur juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Studi terbaru dilakukan oleh para peneliti dari University of Otago. Mereka meneliti 171 orang dewasa muda berusia 18-25 tahun. Dari ratusan orang tersebut, ada yang rutin diberi dua porsi buah-buahan dan sayuran segar seperti wortel, buah kiwi, apel dan jeruk. Sisanya tidak diberikan atau hanya diingatkan untuk makan buah dan sayur.

Hasilnya, peserta yang diberikan dua porsi ekstra buah dan sayur setiap hari memiliki suasana hati yang lebih baik, memiliki semangat hidup dan motivasi tinggi dibanding yang tidak atau kurang makan sayur.

Manfaat itu dilihat setelah dua minggu makan buah dan sayur dalam porsi yang cukup. Peneliti menyimpulkan, rutin makan buah dan sayur dalam dua minggu saja meningkatkan peluang seseorang dapat mengatasi depresi.

"Pesan dari studi ini adalah kita harus memberikan lebih banyak buah dan sayuran untuk mereka makan, tidak sekedar mengingatkan seseorang untuk makan sayur," kata penulis studi Dr Tamlin Conner seperti dikutip dari Daily Mail.

Conner merekomendasikan pemberian makan buah dan sayur yang rutin dalam porsi cukup di mana saja. Mulai dari keluarga di rumah, mereka yang tinggal di asrama, anak-anak di tempat penitipan anak, pasien di rumah sakit, hingga karyawan di tempat kerja.

Namun, menurut Conner memang perlu penelitian lebih lanjut mengenai kaitan antara buah dan sayuran segar untuk membantu mengatasi depresi. Dalam penelitian ini juga belum diungkapkan mengapa buah-buahan dan sayur-mayur memengaruhi suasana hati seseorang menjadi lebih bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com