Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2017, 21:48 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com — Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam PLoS One Januari 2017, peneliti dari Universitas Cambridge menemukan bahwa orang yang aktif secara fisik, yaitu melakukan gerakan apa pun, tak harus olahraga, cenderung lebih bahagia ketimbang orang yang hanya menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk.

Jadi, jika Anda bukan termasuk orang yang gemar berolahraga, melakukan kegiatan fisik yang paling sederhana, seperti berjalan, berdiri, atau bahkan melakukan peregangan, dikaitkan dengan mood yang lebih baik.

Peneliti menggunakan pendekatan baru untuk melakukan penelitian ini. Mereka melibatkan lebih dari 10.000 peserta dengan menggunakan aplikasi smartphone Android untuk melacak tingkat kebahagiaan mereka selama melakukan berbagai tugas dan kegiatan fisik dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Aplikasi yang tidak tersedia untuk umum ini dirancang khusus untuk mempelajari kebahagiaan dan perilaku, The New York Times melaporkan.

Aplikasi ini meminta peserta untuk menilai suasana hati mereka dengan menjawab pertanyaan dan memilih skala suasana hati.

Setelah beberapa minggu, peserta melakukan survei tambahan untuk melacak aktivitas fisik, lokasi, dan interaksi sosial.

Aktivitas fisik juga diukur dengan sensor ponsel untuk melihat berapa langkah yang telah mereka lakukan.

Setelah 17 bulan, para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan dan menemukan bahwa peserta cenderung merasa lebih bahagia setelah mereka telah melakukan aktivitas fisik dalam 15 menit terakhir.

Aktivitas fisik yang paling umum ialah berjalan santai, baik di jalan, taman, atau bahkan pusat perbelanjaan.

Intinya, bergeraklah untuk suasana hati yang lebih bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com