Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2017, 17:03 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asupan makanan ternyata ikut mempengaruhi masalah persendian. Ahli gizi Mirza Hapsari Sakti mengungkapkan, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang mengalami nyeri sendi.

"Hindari makanan dengan minyak cukup tinggi, yang tinggi lemak trans. Makanan seperti ini bisa menyebabkan inflamasi (peradangan)," terang Mirza acara peluncuran program Sayangi Sendi oleh PT Kalbe Farma di Kantor PB IDI, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Mirza menjelaskan makanan berminyak dapat meningkatkan kolesterol, sehingga terjadi kekakuan aliran darah. Akibatnya, suplai oksigen yang dibawa dalam darah ke otot akan berkurang dan terjadilah inflamasi.

Mirza mengatakan, makanan yang memicu peradangan tentu dapat memperburuk masalah persendian. Peradangan harusnya dihentikan karena jika tidak, akan terjadi nyeri berulang.

Sendi adalah bagian yang menghubungkan dua tulang. Persendian mudah mengalami radang atau nyeri karena berbagai hal. Bisa disebabkan oleh cedera saat olahraga, adanya kerusakan tulang rawan, atau akibat pergerakan yang salah pada tubuh.

Selain itu, makanan berminyak seperti gorengan juga memicu kegemukan. Nah, kegemukan itu sendiri nantinya dapat meningkatkan risiko nyeri sendi, terutama bagian lutut yang selalu terbebani.

Masalahnya, junk food, gorengan, dan makanan tinggi lemak lainnya itu kerap menjadi makanan sehari-hari. Mulailah mengurangi makanan berminyak tersebut karena tak hanya menjadi masalah persendian, tetapi juga kesehatan di seluruh tubuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com