Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2017, 21:11 WIB

KOMPAS.com - Bagi banyak orang, mendengkur dianggap sebagai hal biasa dan wajar. Sayangnya, mendengkur ternyata dapat memicu berbagai penyakit yang dapat menurunkan kualitas kesehatan seseorang, apalagi bila sejak usia 30an sudah mulai mendengkur.

Mendengkur dapat disebabkan oleh beberapa sebab, seperti alergi, kelebihan berat badan atau obesitas, faktor genetika, dan obat-obatan yang membuat otot rileks.

Di samping itu, mendengkur juga bisa menjadi gejala dari sleep apnea, suatu kondisi di mana orang berhenti bernapas untuk jangka waktu yang singkat saat tidur.

American Heart Association memperingatkan bahwa sleep apnea berhubungan dengan hipertensi, stroke, dan gagal jantung. Dan usia pengidap sleep apnea didapati semakin memuda.

Jadi, bila Anda mendapati pasangan atau anggota keluarga seperti berhenti bernapas disertai mendengkur hebat, baiknya tak membiarkan kondisi berlarut.

Dalam studi 18 tahun, peneliti dari University of Wisconsin-Madison menemukan, bahwa orang-orang dengan sleep apnea parah yang tidak diobati memiliki tiga kali kemungkinan untuk meninggal dini ketimbang mereka yang tidak mengalaminya.

Bagi peserta yang mengalami 30 kali berhenti napas kala mendengkur per jam saat tertidur, risiko kematian akibat kardiovaskular meningkat lima kali dibandingkan dengan mereka yang tidak mendengkur.

Selain mendengkur, gejala tambahan sleep apnea ialah sering merasa kelelahan di siang hari walau jam tidur sudah terpenuhi, mudah terengah-engah atau tersedak saat Anda tidur, sakit kepala di pagi hari, dan sering buang air kecil di malam hari.

Melakukan beberapa cara untuk mengurangi mendengkur bukan sekedar memberikan kenyamanan pada pasangan agar tak terganggu, namun juga menurunkan risiko sleep apnea.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ialah menggunakan bantal khusus untuk meredakan dengkuran, tidur menyamping, dan berolahraga untuk menguatkan sistem pernapasan.

Untuk dengkuran yang parah dan sering membuat napas terhenti, konsultasi dengan dokter sangat diperlukan. Terapi dan pengobatan tepat dapat membantu Anda mencapai kesehatan optimal jangka panjang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com