Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2017, 10:17 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Anak-anak yang lahir dari ibu berumur, ternyata ditemukan mengalami lebih sedikit masalah perilaku, sosial dan emosional.

Rata-rata usia di mana wanita punya anak pertama di negara-negara maju seperti Inggris terus naik. Wanita sering diperingatkan bahwa punya anak di usia tua dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, termasuk keguguran.

Tetapi, "kematangan psikologis" dari ibu berumur ternyata berdampak menguntungkan untuk kesejahteraan anak sampai anak berusia pertengahan remaja. Demikian menurut para peneliti dari Aarhus University, Denmark.

Studi yang diterbitkan di European Journal of Development Psychology menemukan ibu berumur tidak memarahi atau mendisiplinkan anak secara fisik dibandingkan dengan ibu yang melahirkan di usia lebih muda.

Peneliti menganalisa respon dari sampel acak 4.741 ibu lewat sebuah survei yang melibatkan anak-anak dan keluarga di Denmark.

Mereka menemukan sampai remaja, pemahaman anak terhadap bahasa dan perkembangan sosial membaik seiring dengan peningkatan usia ibu mereka, tak memandang faktor latar belakang, pendidikan dan keuangan.

Kasus ini terjadi di antara anak usia tujuh dan 11 yang mengalami lebih sedikit masalah emosi dan sosial jika ibu mereka lebih tua. Tetapi efek tersebut mendatar ketika anak berusia 15.

"Kami tahu bahwa masyarakat bermental lebih fleksibel ketika usia bertambah, menjadi lebih toleran terhadap orang lain dan secara emosi berkembang baik dengan sendirinya," kata Prof. Dion Sommer yang memimpin penelitian.

"Itulah sebabnya, mengapa kematangan psikologis dapat menjelaskan mengapa ibu yang lebih tua tidak sering memarahi dan mendisiplinkan anak," tambahnya.

"Gaya parenting ini oleh karenanya menyebabkan lingkungan psikososial positif yang memengaruhi pengasuhan anak," ujarnya.

Ibu lebih tua yang punya anak remaja pun lebih jarang memarahi anak dibandingkan ibu yang lebih muda. Tetapi untuk anak usia 15, tidak ada perbedaan seberapa sering mereka menerima sanksi fisik bergantung pada usia ibu.

Rata-rata usia di mana orang-orang memiliki anak di Inggris terus meningkat sejak tahun 70-an dan lebih dari separuh kelahiran di 2015 terjadi pada ibu berusia lebih dari 30 tahun.

Pada 2015 menurut data Office for National Statistics di Inggris rata-rata wanita memiliki anak adalah 30,3 tahun. Sementara rata-rata usia ayah 33,2 tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com