Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2017, 16:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com -- Anda mungkin sudah muak bekerja untuk orang lain dan memutuskan untuk freelance atau bekerja lepas.

Dengan jam yang fleksibel dan bisa bekerja di rumah, bekerja lepas memang terkesan menyenangkan bila melihat teman-teman Anda yang mengambil jalan tersebut.

Eits, tunggu dulu. Bekerja lepas ternyata memiliki empat sisi gelap yang tidak diketahui banyak orang. Berikut uraiannya:

1. Jam kerja tidak pasti

Jam yang fleksibel dianggap oleh banyak orang sebagai berkah. Namun, hal ini berarti waktu kerja dan pribadi Anda tidak memiliki batasan yang pasti. Anda bisa saja harus membalas e-mail atau mengangkat telepon tengah malam.

Pakar karier generasi Y dan pendiri Come Recommend, Heather Huhman, menjelaskan, bagi banyak orang yang bekerja dari rumah, sangat sulit untuk mematikan komputer atau ponsel dan mengakhiri hari kerja mereka.

2. Anda harus bertanggung jawab sendirian

Mungkin Anda merasa bahagia tidak lagi memiliki atasan yang memarahi Anda ketika terjadi kesalahan. Akan tetapi, Anda juga harus bertanggung jawab sendirian ketika dihadapkan dengan masalah, ujar Huhman.

Selain itu, bekerja sendirian berarti Anda harus menguasai semua departemen, dari CEO, produksi, marketing, hingga akuntansi.

3. Penghasilan tidak terjamin

Banyak orang yang sudah mengetahui hal ini sebelum terjun ke dunia freelance, tetapi meremehkannya. Tanpa gaji yang pasti setiap bulan, bisa jadi kantong Anda mengering selama menunggu bayaran dari klien yang mungkin tertunda.

“Sangat sulit untuk mengerti rasanya tidak memiliki penghasilan yang pasti hingga benar-benar terjadi,” kata Huhman. Hingga pekerjaan suaminya stabil, pakar karier ini tidak berani membuka bisnisnya sendiri.

4. Anda akan sering sendirian

Jika Anda orang yang sosial, pelatih karier Hallie Crawford tidak menyarankan untuk bekerja lepas. Sebab, seorang pekerja lepas, terutama yang sering berhadapan dengan komputer, akan lebih sering bekerja sendirian di rumah.

Sebelum Anda melepaskan lingkungan kantor, Crawford meminta Anda untuk memastikan baik-baik kesiapan untuk merasa bahagia dan terpenuhi ketika bekerja di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com