Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berhenti Makan “Junk Food”? Anda Harus Tidur

Kompas.com - 07/04/2017, 14:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Walaupun kita semua sudah tahu bahwa pizza, burger, dan kentang goreng termasuk daftar makanan terburuk untuk dikonsumsi, tetapi sayangnya kita tidak bisa menghentikan diri untuk memakannya.

Sebenarnya, apa yang membuat junk food begitu menggoda, terutama ketika kelaparan malam hari?

Para peneliti di Feinberg School of Medicine di Northwestern University baru saja menemukan bahwa hal ini kemungkinan besar karena Anda kurang tidur.

Menurut mereka, kekurangan tidur membuat aktivitas otak Anda meningkat ketika dihadapkan dengan bau makanan yang berkalori tinggi.

Hasil tersebut ditemukan setelah para peneliti mengamati meminta partisipan untuk tidur dengan dua jangka waktu berbeda, delapan jam dan empat jam.

Setelah tidur selama delapan jam, para peneliti meletakkan makanan berkalori tinggi seperti keripik dan kue kayu manis di hadapan partisipan dan melihat aktivitas otak mereka melalui foto MRI.

Pengujian yang sama kemudian diulang di minggu berikutnya, tetapi partisipan diminta untuk tidur hanya empat jam.

Ternyata, ketika partisipan hanya tidur selama empat jam, otak mereka menilai makanan yang berkalori tinggi tersebut menjadi lebih sedap.

Walaupun masih di tahap awal, tetapi penemuan ini konsisten dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang menghubungkan antara kenaikan berat badan, konsumsi kalori yang berlebih, dan kurang tidur.

(Baca juga: Tidur Kurang, Berat Badan Naik)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com