Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Menikah Terbukti Lebih Sukses dalam Karir dan Kehidupan Seksual

Kompas.com - 07/04/2017, 19:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Dari sekian banyak target sukses yang Anda miliki, mungkin pernikahan bukanlah sesuatu yang ada di urutan teratas.

Sayangnya, menurut sebuah penelitian singkat yang dilakukan oleh Institute of Family Studies (IFS) di Australia, kehidupan karier, keuangan, seks, bahkan kesehatan pria dapat menjadi jauh lebih baik saat mereka berada dalam kehidupan pernikahan ketimbang saat melajang.

Penelitian tersebut menunjukkan, bahwa pria yang telah menikah memiliki semangat kerja yang lebih baik. Pria dinilai memiliki tujuan lebih jelas saat bekerja, yaitu membahagiakan keluarga.

Sehingga pria menikah cenderung bekerja lebih keras, lebih cerdas, dan berisiko lebih rendah untuk dipecat oleh perusahaan.

Pria menikah mendapatkan penghasilan 10 sampai 40 persen lebih besar ketimbang pria lajang. Saat pria menikah mencapai usia 50 tahun, mereka juga memiliki aset tiga kali lebih banyak ketimbang rekan-rekannya yang masih melajang.

Tak hanya soal karier dan penghasilan, 51 persen pria menikah juga melaporkan menjadi sangat puas dengan kehidupan seks mereka, dibandingkan dengan pria yang hanya tinggal bersama pasangan mereka (39 persen) maupun pria lajang (36 persen).

Peneliti menilai, keintiman yang lebih besar akan datang bersamaan dengan komitmen dengan satu pasangan.

Dengan kata lain, pria akan merasa lebih puas secara seksual ketika mereka berada dalam hubungan jangka panjang.

Kehidupan karier, keuangan, dan seksual yang lebih baik akhirnya menjadi tambahan positif bagi kesehatan pria.

Pria yang menikah hidup sekitar 10 tahun lebih lama ketimbang pria yang belum menikah. Alasan utamanya ialah, karena pria menikah memiliki pasangan yang mendukung dan mengawasi kesehatan Anda dan mendorong Anda untuk lebih bertanggung jawab terhadap kesehatan.

Jenis dukungan ini ternyata juga ikut mempengaruhi kesehatan mental pria. Hampir dua kali lebih banyak pria yang sudah menikah dilaporkan menjadi sangat bahagia dengan kehidupannya ketimbang pria yang masih lajang atau berpasangan tanpa menikah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com