Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2017, 14:22 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber Mic

KOMPAS.com – Para penikmat dan pecinta kopi biasanya akan merasa ada yang kurang dalam keseharian jika tidak minum kopi.

Umumnya, kopi dimanfaatkan banyak orang untuk menghilangkan rasa kantuk, tetapi tahukah Anda bahwa Anda manfaat kopi lainnya selain memberikan rasa sedap pada dahaga Anda. Berikut uraiannya:

Membantu lebih fokus saat kurang tidur
Menurut studi U.S. Army Research Institute of Environmental Medicine, 200 miligram kafein atau dua cangkir kopi dengan kandungan kafein sebanyak 95 miligram per cangkir, membantu anggota militer AS untuk mengasah memori dan fungsi otak menjadi lebih tajam.

Hasil studi menyimpulkan kopi bisa membantu Anda lebih fokus pada detail yang dibutuhkan oleh pekerjaan dan aktivitas Anda.

Menenangkan
Studi dari Seoul National University in South Korea mengungkapkan, Anda tak perlu meminum kopi untuk menenangkan rasa panik dan cemas dalam pikiran. Sebab, Anda hanya perlu menghirup atau mencium aroma kopi.

Penelitian yang dilakukan pada tikus ini memperlihatkan adanya pergerakan otak tikus menjadi lebih tenang ketika menghirup aroma kopi.

Melancarkan pencernaan
Washington post melaporkan studi yang mengatakan, tiga dari 10 orang menemukan bahwa kopi memiliki efek pencaharan yang bagus.

Kopi, menurut studi, bisa melancarkan pencernaan dengan menstimulasi kolon dari jarak jauh.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mic
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com