Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2017, 11:07 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Menjelang hari pernikahan, biasanya para wanita akan sibuk untuk mengurus diri dengan melakukan perawatan dan datang ke dokter spesialis kulit.

Jangan salah, menurut dr Ariana Suryadewi Soejanto M.Biomed (AAM), seorang dokter kecantikan, dalam peluncuran buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan di Jakarta, Kamis (13/4/2017), ternyata pria juga perlu melakukan perawatan kulit menjelang pernikahan.

“Tidak hanya wanita, tetapi pria juga perlu memeriksakan kesehatan kulit dan melakukan perawatan untuk persiapan hari pernikahan, setidaknya enam bulan sebelum hari pernikahan,” ujarnya.

Dokter Ariana berkata bahwa perawatan wajah pra-nikah untuk pria akan disesuaikan dengan kasus dan tipe kulit masing-masing, apakah masalahnya ada pada warna kulit yang tidak merata, jerawat, atau lainnya.

Namun, keefektifan perawatan kulit tentu membutuhkan waktu sehingga dia pun menyarankan untuk tidak melakukan perawatan dengan waktu yang mepet.

“Jangan terlalu mepet dengan hari H (pernikahan), kadang ada treatment yang membutuhkan waktu pemulihan lama, misalnya pada kasus yang terlalu sering mencoba berbagai produk,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com