Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2017, 08:25 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Maksud hati ingin mengucapkan selamat pagi pada pasangan seraya memberi ciuman mesra, apa daya bau mulut menghalangi.

Meski sebelum tidur kita selalu menyikat gigi, terkadang bau mulut sulit dihindari di pagi hari.  Hindari problem tersebut dengan mengetahui pemicu bau mulut Anda.

- Dimulai malam hari
Walau Anda merasa telah menyikat setiap bagian gigi dengan teliti, ternyata bisa saja ada sisa makanan yang tertinggal dan ini akan menjadi favorit kuman untuk berkembang biak.

"Bakteri memakan partikel makanan di dalam mulut. Koloni bakteri ini akan mengeluarkan komponen sulfur melalui respirasi anaerobik," kata Dr.Brian Kantor, dokter gigi.

Jadi, jika Anda ingin menghilangkan napas "bau naga" di pagi hari, selalu sikat gigi sebelum tidur, termasuk bagian lidah dan akhiri dengan menggunakan obat kumur nonalkohol.

- Jangan bernapas lewat mulut
Saliva atau air liur adalah sahabat mulut kita. "Saliva mengandung oksigen yang tinggi dan membunuh bakteri. Dengan saliva pula partikel makanan akan dibersihkan dari mulut saat kita menelan," katanya.

Masalahnya, produksi saliva akan berkurang saat kita tidur. Lebih buruk lagi jika kita sering bernapas melalui mulut atau mendengkur selama tidur sehingga mulut menjadi kering.

Untuk mencegah tidur mendengkur, cobalah mengubah posisi tidur. Hidung tersumbat akibat flu juga bisa menyebabkan kita mengambil napas lewat mulut, karena itu atasi gejala flu ini dengan obat dekongestan.

- Obat kumur
Untuk mencegah mulut kering, konsumsi banyak air dan gunakan obat kumur nonalkohol sebelum tidur karena dapat membuat produksi saliva semakin sedikit.

- Kurangi asam
Selain menyukai mulut yang kering, bakteri juga senang hidup di lingkungan yang asam untuk makan dan berkembang biak.

Salah satu cara mengurangi keasaman mulut adalah menggunakan produk perawatan gigi dan mulut yang mengandung baking soda.

- Makanan renyah
Untuk meningkatkan produksi saliva, konsumsi makanan yang renyah seperti buah apel dan juga sayuran. "Jenis makanan ini merangsang aliran saliva dan secara mekanis membersihkan mulut dan noda di permukaan gigi," kata Kantor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com