Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2017, 08:08 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

Sumber Foxnews

KOMPAS.com - Sumpah yang diucapkan saat pemberkatan pernikahan untuk setia "dalam untung dan malang" benar-benar dijalankan seorang pria asal Amerika. Ia selalu setia menemani sang istri yang harus berada di ruang isolasi karena penyakit kanker tiroid yang dideritanya.

Foto John Newman (45) yang sedang duduk di depan ruang isolasi itu menjadi viral setelah putrinya, Mackenna memotret dan mengunggahnya di Twitter pada pertengahan April 2017.

Pada keterangan foto itu Mackenna menulis, "Ibuku harus berada di dalam kamarnya karena harus diisolasi akibat terapi radiasi kanker. Ayahku lalu mengatur meja dan kursi di depan pintu agar selalu bisa menemani ibu, aku ingin menangis."

Sejak mengetahui istrinya terkena kanker tiroid di bulan Oktober, Newman selalu menemani istrinya, Marci Newman (49) melalui berbagai konsultasi dengan dokter, pengobatan, dan juga operasi. Pasangan ini telah menikah selama 18 tahun.

Setelah menjalani terapi radiasi, pasien kanker memang diharuskan berada di ruangan isolalsi paling tidak seminggu agar orang lain tidak terpapar radiasinya.

Menurut Mackenna, selama ibunya harus diisolasi, ayahnya selalu mendampingi meski tidak boleh berdekatan. Terkadang ayahnya duduk di dekat jendela yang menghadap halaman belakang dan mengajak ibunya bercakap-cakap. Beberapa hari kemudian, ia pun pindah ke depan pintu dan menyiapkan meja kecil dan kursi, sementara pintu dibuka setengah.

"Saya sungguh beruntung. Beginilah keluarga kami, saling menjaga satu sama lain," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com