Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Memilih Pelapis Furnitur untuk Keluarga Muda

Kompas.com - 03/05/2017, 08:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Keluarga muda kerap kali bingung memilih pelapis yang tepat untuk furnitur mereka di rumah. Karena kekurangan informasi, tak jarang mereka salah memilih. Padahal, pilihan yang tepat bisa mempercantik furnitur rumah seperti meja, kayu dan lemari pakaian.

Direktur FIO, distributor utama TIERO, suplier pelapis interior, Joko Tanoyo, mengatakan, keluarga muda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memilih pelapis yang tepat bagi furnitur rumah mereka. Setiap pelapis memiliki efek berbeda pada keseluruhan interior.

"Kalau keluarga muda saya anjurkan pilih yang natural, tahan lama," kata Joko di Suasana Kuningan Suites, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (2/5/2017).

Saran ini karena keluarga muda jarang memperbarui furnitur rumah. Pastikan model pelapis furnitur yang dipilih tak 'basi' selama satu dekade. Selain itu, kalau dari segi tekstur atau permukaan, Joko menyarankan memilih pelapis furnitur halus dan tidak terlalu banyak tekstur.

"Karena masalah dengan tekstur itu balik lagi ke maintenance (perawatan), karena keluarga muda biasanya sibuk, banyak kerjaan, ada anaknya. Mereka itu biasanya jarang bisa menggunakan produk tekstur," kata Joko.

Dia mencontohkan tekstur glossy atau berkilau tidak cocok bagi orang yang tdak begitu suka perawatan rumah. Karena produk dengan tekstur glossy lebih mudah lecet. Tekstur pelapis furnitur sejenis itu juga tak cocok bila digunakan untuk meja anak atau makan.

"Di industri kami lebih cenderung ke fungsi. Penggunannya untuk apa. Kalau digunakan table top (pelapis atas meja makan), saya (sarankan) gunakan yang doff aja," kata dia.

Kendati demikian untuk pilihan model atau desain pelapis furnitur, Joko mengembalikan pada masing-masing individu. Sebab model pelapis furnitur beragam, mulai dari bermodel kayu, batu alam hingga kaca. "Kalau masalah motif balik ke personal taste," kata Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com