Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2017, 19:40 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak alasan mengapa lebih dari 40 juta pasangan suami istri di seluruh dunia tak lagi melakukan hubungan seksual meski setiap malam tidur satu kamar.

Padahal, tanpa hubungan seks, Anda dan pasangan hanyalah teman sekamar. Demikian ungkapan kontroversial yang disampaikan Jill Blakeway, penulis buku Sex Again: Recharging Your Libido.

Bukannya tanpa alasan Blakeway mengungkapkan hal itu. Menurut pengamatannya pada ribuan pasangan yang berkonsultasi ke kliniknya, ia menyebutkan bahwa absennya hubungan seksual berpengaruh negatif bagi perkawinan.

Paling tidak ada tiga penyebab utama mengapa Anda tak lagi bergairah untuk hubungan seks.

1. Kelelahan
Bila setiap hari Anda berangkat pagi-pagi dan sampai di rumah malam hari, mungkin tidur di kasur yang nyaman adalah satu-satunya hal yang paling diinginkan.

Itu sebabnya jika Anda dan pasangan setiap hari sibuk, jangan hanya menjadwalkan seks di malam hari. Lakukan pada pagi hari atau setiap sabtu pagi ketika anak-anak sudah asyik di depan televisi atau gawai. Pilihlah waktu yang paling nyaman untuk Anda berdua dan lakukan teratur. Bila keintiman sudah kembali, Anda dan pasangan akan siap melakukannya kapan pun.

2. Stres
Stres merupakan penyebab terbesar berkurangnya gairah seksual wanita. "Stres bisa mengalihkan fokus, membuat kepekaan pada tubuh juga berkurang. Hubungan seks menjadi tak lagi menyenangkan," kata Blakeway.

3. Citra tubuh
Perubahan usia seringkali dibarengi dengan perubahan bentuk tubuh. Perasaan tidak menarik lagi ini bisa membuat hasrat bercinta memudar. Siasati dengan fokus pada bagian tubuh yang membuat kita merasa bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com