Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Jaket yang Dikenakan Jokowi di Atas Motor Trail

Kompas.com - 10/05/2017, 17:19 WIB
Wisnubrata

Penulis

Setelah sebelumnya membuat jaket bomber populer lagi, Jokowi kembali mengenakan jaket hijau bergaya militer saat menjajal ruas jalan trans Papua dengan motor trail. Jaket jenis apakah itu?

Di dunia militer, jaket seperti yang dikenakan Jokowi dikenal dengan sebutan jaket TAD Shark Skin atau soft shell jacket. Jaket jenis taktikal ini umumnya digunakan untuk menahan angin (windproof) sekaligus air (waterproof).

aliexpress Jaket TAD Shark Skin atau soft shell jacket yang dijual online
Jaket dengan banyak kantong  dan ritsleting ini dilengkapi penutup kepala (hood) dan velcro untuk menempelkan identitas penggunanya.

“Banyak pabrikan mengeluarkan jaket jenis ini, mulai yang buatan China hingga dari pabrikan khusus militer. Harganya berkisar dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 jutaan,” ujar Andre AP, kolektor pernak-pernik militer, Rabu (10/5/2017).

“Jaket ini bukanlah seragam pasukan tertentu. Namun sering terlihat dipakai oleh pasukan-pasukan khusus. Karena terlihat keren, maka banyak orang ikut mengenakannya,” lanjut Andre.

Menurut Andre, jaket semacam bisa ditemukan di STC Senayan, Jakarta, atau di tempat penjualan barang-barang hobi terkait militer atau outdoor.

Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo mengenakan jaket TAD Shark Skin saat menjelajahi Papua
Penelusuran Kompas.com, menemukan bahwa jaket TAD Shark Skin banyak dijual belikan secara online. Di situs aliexpress misalnya, jaket ini dijual di kisaran harga Rp 500 ribu, dalam berbagai warna. Sementara di situs tripleaughtdesign dan rothco.com, jaket semacam dijual di kisaran Rp 2 juta.

Baca: Naik Motor Trail, Jokowi Jajal Satu Ruas Jalan Trans Papua

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com