Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2017, 19:35 WIB
Wisnubrata

Penulis

Penis yang loyo bukan hanya buruk bagi kehidupan seks Anda. Pria dengan disfungsi ereksi memiliki resiko kematian 70 persen lebih tinggi, demikian hasil study dari Universitas Mississippi. Mengapa begitu?

Menurut Tobias Köhler, M.D., urolog dari Southern Illinois University School of Medicine, penyebab utama disfungsi ereksi adalah kondisi kesehatan jantung yang buruk. Artinya bila barang Anda tidak bisa mengeras, bisa jadi itu tanda bahwa jantung Anda bermasalah.

Faktanya, saluran yang membawa darah ke penis adalah saluran kecil dengan diameter hanya satu hingga dua milimeter. Ini menyebabkan mereka lebih mudah tersumbat. Bila dinding saluran itu mulai dipenuhi plak –akibat makanan, kurang olahraga, merokok, usia, atau faktor genetik—maka aliran darah ke penis akan terganggu, sehingga ereksi sulit didapatkan.

Bila sumbatan makin banyak, maka ia akan mulai mempengaruhi saluran arteri yang lebih besar, termasuk yang membawa darah ke jantung. Hal ini memunculkan resiko serangan jantung.

Oleh karenanya penting memeriksakan penyebab disfungsi ereksi. Bila penyebabnya karena penyumbatan, itu adalah peringatan awal agar segera membenahi masalah kardiovaskular sebelum menjadi fatal.

“Mereka yang mengalami masalah ini sebaiknya segera berobat, mulai menjaga makanannya dan melakukan olahraga yang disarankan. Dengan begitu kerusakan bisa dibetulkan dan Anda siap untuk bercinta lagi,” kata Kohler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com