Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Kondom Tingkatkan Kehangatan Pasangan Suami Istri

Kompas.com - 16/05/2017, 23:18 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Pemakaian kondom saat berhubungan seksual telah terbukti efektif mencegah infeksi menular seksual.

Selain itu, penggunaan kondom juga baik untuk kesehatan vagina. Bahkan, menurut Spesialis Andrologi, Dr Heru H Oentoeng, penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim akan semakin meningkatkan rasa nyaman penggunanya tanpa harus khawatir menyebabkan kehamilan pada wanita.

"Pakai kondom meminimalisir pertanyaan dikeluarin didalam atau diluar?" kata Heru saat diwawancarai usai menghadiri launching produk Durex Invisible di Empirica SCBD, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).

Menurut Heru, jika dalam hubungan intim terjadi komunikasi dua arah yang bagus, maka hubungan intim tersebut bisa dikatakan hubungan intim yang sehat.

 

Hubungan intim yang sehat adalah kondisi dan situasi di mana kedua pasangan mampu menciptakan making love bukan sekadar having sex.

Definisi making love maknanya lebih dalam. Jadi, ada komponen keintiman yang lekat, didasari dengan perasaan dan dilakukan dengan benar.

Sementara, having sex hanya berdasarkan pada ketertarikan secara fisik saja.

Lalu, jika hubungan intim didasari hanya karena seks, maka dipastikan hubungan intim tersebut tidak akan bertahan lama.

"Aktivitas seksual itu harus ada foreplay, jangan ujug-ujug ditarik. Fungsi dari kondom, meningkatkan keintiman dalam rumah tangga," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com