Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2017, 17:55 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Target memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Pekerjaan, rumahtangga, dan hobi mempunyai target. Namun, target pada pekerjaan bisa dibilang yang paling menguras pikiran dan tenaga.

Umumnya, karyawan bekerja lebih keras demi berhasil mencapai target. Pulang kerja lebih malam, datang kantor lebih pagi, mengejar tenggat waktu, dan sebagainya, menjadi ragam upaya karyawan untuk memenuhi target.

Hati-hati, terlalu sibuk berlebihan yang disengaja tanpa Anda sadari membuat tubuh Anda terlalu letih sehingga mengganggu kestabilan emosional. Hasilnya, mudah marah, tidak fokus, dan kurang berempati.

Membiarkan diri menerima terlalu banyak bekerja justru membahayakan keberlangsungan pekerjaan itu sendiri. Sebab, tidak sedikit profesi di dunia ini yang membutuhkan kemampuan kreativitas untuk hasil terbaik.

Nah, kreativitas dan ide menarik bakal semakin sulit Anda peroleh jika terlalu sibuk bekerja.

“Kreativitas terjadi dan terbersit justru ketika pikiran tidak fokus, sedang berfantasi, atau diam,’ jelas Emma Seppala, penulis buku The Happiness Track, dan juga seorang science director di Stanford’s Center for Compassion and Altruism Research and Education.

Otak dan pikiran yang secara konstan mengelola informasi, kata Seppala, tidak memiliki kesempatan untuk beristirahat dan membiarkan imajinasi mengalir.

Sebuah hasil studi pada tahun 2014 yang dipublikasikan oleh Annual Review of Psychology menemukan, membiarkan pikiran melayang dan berkhayal bisa meningkatkan kreativitas.

Studi lain mengungkapkan bahwa berjalan santai dan bermain games juga memiliki efek serupa.

Sepalla menyarankan jika Anda ingin kreativitas mengalir natural, maka biarkanlah tubuh Anda beristirahat dan menikmati waktu serta lingkungan sekitar tanpa tekanan ataupun beban kerja.

Seorang neuroscientist, Daniel Levitin, menjelaskan, menyeimbangkan aktivitas mental dengan pikiran yang dibiarkan ringan dan terbuka membuat tubuh lebih segar bugar.

Oleh karena itu, jangan menyiksa diri sendiri dengan menyibukan diri dan larut dalam pekerjaan. Sebab, tak hanya hidup terasa semakin buruk, tubuh yang terlalu letih juga bisa memengaruhi hubungan sosial dengan orang terdekat terganggu.

Jadi, santai sajalah...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com