Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2017, 15:47 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com -- Bau mulut kerap mengganggu dan membuat Anda tak percaya diri terutama di bulan puasa.

Jangan khawatir, maksimalkan ibadah Anda selama bulan puasa yang tinggal satu pekan lagi dan jaga aroma mulut dengan tiga langkah berikut ini. Berikut uraiannya:

Air liur “teman baik” Anda
Dr. Brian Kantor,  Lowenberg dari Lituchy & Kantor, mengatakan, saliva atau air liur mengandung oksigen tinggi yang bisa membunuh bakteri.

“Saliva memecahkan partikel makanan dari kotoran dan menyingkirkannya dari mulut kala menelan,” jelasnya.

Namun, masalahnya produksi air liur atau saliva menurun saat Anda tidur. Jadi, apabila Anda bernapas melalui mulut Anda saat tidur, maka Anda telah menciptakan zona kering yang menyebabkan bakteri berkembang.

Jadi, pastikanlah saat Anda tidur mulut Anda tertutup sehingga mengurangi tingkat asam pada pagi hari.

Hindari alkohol
Dehidrasi membuat aroma mulut memburuk, maka obat kumur adalah solusi untuk Anda. Namun, jangan sampai pilih  obat kumur.

Kantor mengatakan, basahi mulut dengan air dan gunakan obat kumur mulut yang nonalkohol pada malam hari. Sebab, alkohol akan mengeringkan mulut Anda sehingga membuat mulut menjadi beraroma kurang sedap pada pagi hari.

Jika mulut kering itu buruk, maka obat kumur adalah teman Anda. Tapi bukan jenis yang secara tidak sengaja bisa membuat Anda kembali.

Gosok lidah Anda
Jangan hanya menggosok gigi, tetapi biasakan juga untuk menggosok lidah Anda.

"Lidah memiliki banyak permukaan di mana partikel makanan bisa bersarang," kata Kantor, "jadi Anda ingin menggunakan penggosok lidah dan jaga agar lidah Anda tetap bersih."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com