Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2017, 16:04 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Olahraga lari yang saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat dari berbagai lapisan tak hanya bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Lebih dari itu, cabang olahraga atletik ini juga bisa semakin menambah wawasan dan pertemanan bahkan bisa mendorong pertumbuhan sektor ekonomi melalui wisata olahraga.

Saat ini, sekitar 75 persen pertumbuhan sektor pariwisata diperoleh dari wisata olahraga (sportourism). Dampak perekonomian wisata olahraga ini cukup besar bagi daerah destinasi wisata.

Melihat potensi dan manfaat yang besar, pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan Bank Jateng dan Harian Kompas menyelenggarakan lomba lari Bank Jateng Borobudur Marathon 2017.

Peluncuran lomba lari yang dilaksanakan di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta ini mengusung tema Reborn Harmony. Tema ini diangkat dengan tujuan untuk melahirkan kembali semangat kebersamaan pelari dan masyarakat Jawa Tengah melalui penyelenggaraan Bank Jateng Borobudur Marathon 2017.

Dengan mengangkat nilai-nilai kesejarahan dan budaya Borobudur sebagai warisan budaya dunia, diharapkan Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 ini dapat menjadi sebuah ajang lomba lari yang berdampak signifikan bagi lingkungan di sekitar Jawa Tengah.

Bank Jateng Borobudur Marathon ini akan dilaksanakan di Kompleks Taman Lumbini, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 19 November 2017. Diharapkan sebanyak 10.000 peserta dari Indonesia dan mancanegara ikut bergabung dalam beberapa kategori, diantaranya lari dengan jarak 10 kilometer, 21 kilometer dan 42 kilometer.

"Borobudur Marathon Ini sudah menjadi agenda tahunan Indonesia yang mengangkat nilai-nilai sejarah kita yaitu Candi Borobudur yang menjadi salah satu warisan leluhur. Pemerintah mendukung sportourism," ucap Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Menpora juga berharap agar Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 dapat menjadi bagian dalam menyukseskan gerakan nasional Ayo Olahraga yang menjadi program prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Olahraga itu tak hanya menyehatkan namun juga kesetiakawanan, persahabatan, dan merekatkan persatuan. Untuk itu olahraga harus menjadi budaya hidup kita," tambah Menpora.

Inisiatif yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, dan berkolaborasi dengan Harian Kompas ini diharapkan dapat memberi dampak untuk memajukan lingkungan sekitar dan cabang olahraga lari.

Jika Anda ingin turut serta dalam acara ini, informasi lebih ianjut mengenai Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 dapat diakses melalui www.borobudurmarathon.co.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com