Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Hidup Bahagia Wibowo Wirjodiprodjo di Usia 88 Tahun

Kompas.com - 20/05/2017, 08:58 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wibowo Wirjodiprodjo yang merupakan ayah dari aktor Ari Wibowo dan aktris Ira Wibowo, saat ini usianya telah memasuki masa senja yakni 88 tahun. Namun, di usianya yang tak lagi muda tersebut dirinya mengaku masih bisa membawa mobil sendiri untuk sekadar berkeliling kota Jakarta.

Seperti kita tahu, jalanan Jakarta tak pernah lepas dari yang namanya kemacetan. Jangankan untuk para lansia, orang muda yang membawa kendaraan di jalanan Jakarta pun terkadang frustasi menembus macetnya jalanan. Lantas, mengapa mantan perwira militer yang pernah bertugas di Jerman ini bisa menghadapi macetnya Jakarta?

Rupanya, Wibowo memiliki cara tersendiri untuk tetap menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Mantan direktur perusahaan All Music ini mengaku kerap melakukan jalan santai di pagi hari selama 10 menit. Kegiatan tersebut dilakukannya rutin setiap hari.

"Aktivitas masih jalan selama 10 menit, yang penting jangan sampai merasa kesepian, harus ada sesuatu yang dilakukan," kata Wibowo saat menghadiri diskusi bertema Bagaimana Hidup yang Sehat dan Menyenangkan di Masa Tua, di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Selain berjalan kaki selama 10 menit setiap pagi, dirinya juga gemar memakan sayur-sayuran dan ikan. Menurutnya, selain rasanya enak, ikan juga sangat baik jika dilihat dari kandungan vitamin yang ada di dalamnya.

Di luar itu, Wibowo juga terus menjalani hobinya yakni bernyanyi dan dansa. Melalui hobinya itu, Wibowo bisa mengekspresikan perasaannya. Sehingga tidak ada yang harus dipendam dalam hati.

"Karena nyanyi, dansa, bisa menghindari stres dan bisa menguatkan jantung," tutur Wibowo.

Wibowo berpesan, untuk bisa menikmati hari tua, sebaiknya perbanyaklah 5 S. 5 S yang dimaksud Wibowo adalah sabar, syukur, santai, sport dan spirit. Dengan 5 S masa tua akan terasa sangat berharga. "Kalau saya beraktivitas, saya merasa masih bisa dibutuhkan, itu yang membuat saya bahagia," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com