Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2017, 06:46 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seringkali Anda takut berolahraga saat bulan puasa. Salah satu faktor penyebabnya adalah takut batal karena lemas atau kekurangan asupan makanan dan minuman. Bisa jadi, kondisi itu terjadi karena Anda salah dalam memilih waktu berolahraga.

National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia, dr Alia Basalamah, mengatakan ada waktu terbaik berolahraga saat bulan puasa. “Waltu terbaik untuk berolaharga adalah 30-60 menit sebelum buka puasa dan 60 menit setelah buka puasa,” kata Alia di Fitness First Platinum Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017).

Anda bisa memilih di antara waktu tersebut untuk berolahraga. Bila tak sempat sebelum buka puasa, maka bisa memilih setelah buka puasa. Olahraga di waktu terbaik itu untuk membantu rehidrasi.

Alia menambahkan latihan sebelum dan setelah berbuka memiliki perbedaan. Bila sebelum, intensitas olahraga harus lebih rendah daripada setelah berbuka. “Karena setelah berbuka badan itu akan intake lagi. Dapat rehidrasi yang baik, asupan yang baik,” kata Alia.

Prinsip ini juga diterapkan oleh Abdoullah Mitichie, salah satu Fitness First Performance Team. Abdoul yang merupakan karyawan di salah satu perusahaan telekomunikasi ini menyempatkan diri berolahraga sebelum berbuka puasa.

Olahraga yang dilakukan sebelum berbuka dengan intensitas ringan seperti berenang. “Intensitas ini berbeda bila saya tidak puasa,” kata Abdoul.

Baca: Kiat Tangkal Bau Mulut selama Bulan Puasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com