Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2017, 12:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Anjing termasuk dalam hewan peliharaan yang jadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Bukan hanya cerdas, anjing juga lucu, setia, dan dianggap bisa memahami perasaan pemiliknya.

Bila Anda juga tertarik memelihara anjing, ketahui dulu tiga kesalahan tersering para penyayang binatang sehingga bisa menghindarinya.

1. Ikut tren

Tak sedikit orang yang memelihara anjing karena mengikuti tren. Misalnya, memilih jenis anjing tertentu karena saat itu sedang tren. Aktivis pecinta hewan, Melanie Subono, mencontohkan perilaku mengikuti tren ini terjadi ketika penyanyi Selena Gomez memiliki anjing. Banyak yang kemudian tertarik memelihara anjing yang sama.

“ (Tapi) enggak cocok di sini, karena panas. Selena Gomez juga punya duit miliaran buat membayar trainer,” kata Melanie kepada Kompas Lifestyle di acara Pets Day Out di Tangerang, Sabtu (27/5/2017).

Thomas, aktivis pencinta hewan, juga membenarkan banyak orang yang ikut memelihara anjing karena merasa banyak uang. “Anjing itu enggak butuh orang kaya, dia setia kok,” ucapnya.

2. Dianggap hobi

Melanie menentang keras bila ada anggapan memilihara anjing sebagai hobi. Sebab, bila dianggap hobi, maka akan timbul rasa bosan dan beralih ke hobi yang baru. “Ini mahluk hidup loh,” tandas Melanie.

Oleh karena itu, dia berharap pemilik bertanggungjawab terhadap anjing mereka dan menganggapnya seperti mahluk hidup lain yang bernafas, serta perlu dirawat. "Perlakukan seperti Anda memperlakukan mahluk hidup lain," ujarnya.

3. Tidak siap

Mereka yang memilihara anjing kerap kali tidak siap, setelah beberapa waktu ternyata kewalahan. Bahkan, mereka menganggap anjing mereka tak sesuai ekspetasi. Menurut Melanie, kesalahan ini kerap terjadi karena ketidaktahuan pemilik.

Dia mencontohkan seseorang yang memilihara anjing pitbull harus juga bergerak aktif karena energi anjing jenis ini sangat banyak. “Banyak orang komplain dan bingung, kok pitbul saya gigitin semua,” kata Melanie.

Melanie mengingatkan bahwa anjing memiliki karakteristik berbeda-beda. Bila ingin memelihara, sesuaikan dengan karakter Anda. “Kalau orangnya malas, sakit-sakitan, cari anjing tua yang enggak perlu banyak olahraga. Jadi intinya semua sesuaikan karena kitalah leader mereka,” kata Melanie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com