Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Minta Naik Gaji, Persiapkan Dulu Hal Ini

Kompas.com - 31/05/2017, 13:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Ketika pertama kali bekerja, mungkin gaji yang diterima terasa cukup. Namun, seiring dengan kebutuhan yang terus meningkat, nominal gaji terasa pas-pasan. Bila Anda merasa pindah kerja bukan opsi yang pas untuk saat ini, meminta kenaikan gaji adalah hak Anda.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu disadari sebelum menuntut naik gaji. Misalnya saja kondisi keuangan perusahaan, serta prestasi dan posisi Anda di tempat kerja. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar negosiasi Anda berhasil.

1.  Tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda pantas mendapatkannya. Sangat penting untuk bersikap realistis dengan harapan Anda. Jika Anda tidak memiliki jawaban yang pasti, sebaiknya mundur selangkah dan lakukan evaluasi. Kapan kenaikan gaji terakhir? Sudah berapa lama Anda berada di perusahaan tersebut? Mengapa Anda pantas mendapatkan kenaikan gaji? Apakah kinerja Anda mendukungnya?

Jika sudah memiliki jawabannya, maka jangan ragu untuk mendatangi departemen HR perusahaan Anda. Namun, tetap dengan penawaran kenaikan gaji yang realistis. Kenaikan yang umum adalah sekitar 3,5 - 5 persen.

2. Pilih waktu yang tepat. Sebaiknya jangan saat jadwal rapat manajer HRD Anda sedang padat agar pembicaraan berlangsung santai. Mulailah dengan menyampaikan prestasi yang telah Anda capai selama bekerja. Jangan segan untuk menawarkan diri menerima tugas baru, karena itu akan jadi pertimbangan tersendiri.

3. Posisikan diri Anda sebagai orang yang mampu menerima keputusan apapun. Jika manajer Anda setuju untuk menaikan gaji, itu bagus. Namun, jika keinginan Anda ditolak, usahakan untuk tidak menunjukkan rasa ketidaksukaan.

Ada beberapa alasan mengapa suatu perusahaan tak cepat menaikan gaji karyawannya, seperti terbatasnya kondisi finansial perusahaan dan banyaknya kebutuhan yang mendesak untuk perkembangan usaha.

Ketika permintaan kenaikan gaji Anda ditolak, mintalah manajer Anda untuk memberi tahu apa saja yang mesti dilakukan. Ini adalah strategi yang lebih baik ketimbang menunjukan protes atau rasa tidak suka.

Saat diskusi terbangun, gali informasi apa yang memungkinkan Anda untuk menawarkan gaji yang lebih tinggi. Manajer Anda pun tahu, suatu hari Anda akan kembali lagi untuk menagih janji. Kunci untuk meminta kenaikan gaji terletak pada keberanian dalam menyampaikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com